Viral Resep Obat Cegah Covid-19, Polisi: Informasi Itu Tidak Benar

Okezone
 Okezone - Sun, 30 May 2021 14:11
 Dilihat: 649
Viral Resep Obat Cegah Covid-19, Polisi: Informasi Itu Tidak Benar

JAKARTA - Polri memastikan bahwa viralnya informasi obat-obatan yang mencegah terpapar dari Covid-19 merupakan kabar yang tidak benar alias hoaks.

Hal itu disampaikan Divisi Humas Polri melalui akun akun media sosial (medsos) resminya. "Informasi tersebut tidak benar," demikian dikutip dari Instagram Divisi Humas Polri, Minggu (30/5/2021).

Polri menyampaikan informasi resmi dari organisasi kesehatan dunia atau WHO yang menyebut bahwa sampai saat ini tidak menyarankan penggunaan obat-obatan tertentu dalam mencegah agar tidak terpapar dari virus corona.

"Melansir dari laman organisasi kesehatan dunia WHO, hingga saat ini WHO tidak menyarankan penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat mencegah seseorang terjangkit Covid-19," tulis dia.

Baca juga: Breaking News! Fadli Zon Terpapar Covid-19 Usai Dua Kali Divaksin

Adapun, resep obat-obatan yang diklaim dapat mencegah Covid-19 dan kemudian disebarkan melalui sebuah pesan singkat yakni, Omeperazole 2x1; Azytromycin 500 mg 1x1; Bit C 2x 500 mg; Prove D 1x1; serta Nace 3x1.

Sedangkan resep obat herbal yang ditawarkan yakni, 5 batang serai; 5 ruas jahe; gula aren secukupnya; serta minyak kayu putih. Polri memastikan bahwa obat-obatan dan ramuan jamu tersebut hoaks bisa menangkal Covid-19.

Baca juga: Kasus Covid-19 Bertambah 6.115, DKI Jakarta Tertinggi Disusul Jawa Tengah

Sumber: Okezone