Viral Nigella Oil untuk Sembuhkan Penderita Covid-19, Obat Apa Itu?

Okezone
 Okezone - Fri, 25 Jun 2021 08:34
 Dilihat: 367
Viral Nigella Oil untuk Sembuhkan Penderita Covid-19, Obat Apa Itu?

BEREDAR sebuah narasi yang diunggah oleh akun Facebook Bekam Totok Kiropraksi Paz yang mengatakan bahwa orang yang mengalami Covid-19 akan mengalami pendarahan pada tenggorokan. Oleh karena itu, ada sebuah obat herbal yang menyembuhkan pendarahan pada tenggorokan orang yang terdampak Covid-19.

Unggahan tersebut juga mencantumkan sebuah foto yang menunjukkan sebuah obat, yakni Nigella Oil yang diklaim dapat menghilangkan pendarahan tenggorokan dalam dua jam.

Melansir situs Covid19.go.id, berikut tangkapan layar media sosial yang mempromosikan obat tersebut.

"Assalamualaikum.. info dari teman yg saat ini terdapak covid.. minum 1 sendok makan Alhamdulilah pendarahan di tenggorokan setelah 2 jam hilang.. silahkan coba.."

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Covid-19 tidak memiliki symptom atau gejala yang menunjukkan adanya pendarahan pada tenggorokan. Selain itu, WHO hingga saat ini mengatakan belum ada bahan herbal yang dapat menyembuhkan Covid-19.

Nigella oil sendiri, merupakan obat herbal yang berasal dari ekstrak jintan hitam yang memiliki beberapa khasiat, seperti meredakan alergi dan asma.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook Bekam Totok Kiropraksi Paz tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Sumber: Okezone