Viral Daftar Obat Herbal Penyembuh Covid-19, Ini Faktanya

Okezone
 Okezone - Tue, 25 May 2021 03:27
 Dilihat: 537
Viral Daftar Obat Herbal Penyembuh Covid-19, Ini Faktanya

BELUM lama ini beredar pesan berantai melalui WhatsApp yang menyebarkan daftar obat-obatan dan bahan-bahan herbal yang diklaim dapat menyembuhkan dari covid-19. Tidak hanya itu, kabar viral tersebut juga beredar beserta takaran minum dan cara pengolahannya.

Tentunya informasi viral itu menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat. Banyak masyarakat yang antusias dengan pesan tersebut di tengah meningkatnya kasus positif covid-19 di Tanah Air. Lantas, apakah kabar yang beredar tersebut benar?

Baca juga:Enak Dibikin Wedang, Ternyata Ini Khasiat Kayu Secang

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Selasa (25/5/2021), faktanya informasi yang beredar tersebut tidaklah benar.

Seperti dilansir laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga saat ini mereka tidak menyarankan penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat mencegah seseorang terjangkit covid-19.

Hal yang sama juga berlaku dengan herbal. Sampai saat ini penggunaan herbal seperti jahe belum memiliki bukti ilmiah dapat mencegah covid-19.

Baca juga:Yuk Rajin Minum Temulawak, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Dengan demikian, pesan berantai yang menunjukkan daftar obat-obatan dan bahan-bahan herbal pencegah covid-19 tidak sesuai fakta serta masuk kategori konten menyesatkan.

Maka itu, masyarakat diimbau lebih berhati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti unggahan di media sosial atau siaran pesan di aplikasi chatting.

Sumber: Okezone