Pengamat: Cerita KKN di Desa Penari Viral karena Disebar Banyak Media

Okezone
 Okezone - Sat, 07 Sep 2019 06:01
 Dilihat: 722
Pengamat: Cerita KKN di Desa Penari Viral karena Disebar Banyak Media

JAKARTA - Pengamat sosial dari Universitas Indonesia (UI), Devie Rahmawati, menilai gegernya unggahan cerita 'KKN di Desa Penari' akhir-akhir ini bukanlah hal yang aneh. Ia menilai kegemaran warganet Indonesia terhadap kisah mistis maupun di luar nalar merupakan hal yang manusiawi.

"Jadi pertama apa yang terjadi soal ini bukan hal baru dan ini bukan hanya terjadi di Indonesia. Mistis atau hal-hal di luar rasionalitas itu bisa terjadi di mana pun, termasuk negara maju. Nah, artinya ini merupakan kemanusiaan dan sesuatu yang alamiah," kata Devie ketika berbincang dengan Okezone, Sabtu (6/9/2019).

Baca juga:Mengapa Cerita KKN di Desa Penari Begitu Banyak Menarik Perhatian?

Oleh karena itu, ia menyatakan hal-hal yang klenik maupun bernuansa seksual digemari oleh berbagai kalangan. "Sebagai contoh KKN di Desa Penari, kenapa demikian, karena kepercayaan yang dilandasi hal-hal demikian," ujar Davie.

Lebih lanjut dia menjelaskan kegemaran masyarakat atas cerita-cerita tersebut dikarenakan adanya keterbatasan manusia dalam menjelaskan sebuah fenomena yang belum bisa dipecahkan.

Baca juga:Unsur Mistis Tari Seblang di Cerita KKN, Penari Diminta Menari 7 Hari Terus Menerus

"Zaman dulu ketika manusia tidak tahu soal bakteri, itu dianggap hal yang mistis. Kenapa? Saat itu ilmu pengetahuan belum bisa menjawab. Setelah menemukan jawabannya, maka misteri itu akan hilang dengan sendirinya," bebernya.

Sumber: Okezone