Viral Bus TNI AL Nyaris Tertabrak Kereta Api Usai Terobos Pintu Perlintasan

Okezone
 Okezone - Fri, 05 May 2023 08:44
 Dilihat: 177

MALANG - Rombongan bus TNI Angkatan Laut (AL) nekat menerobos palang pintu perlintasan kereta api (KA) di Kota Malang, Jawa Timur.

Aksi itu terekam oleh kamera ponsel warga yang tenga melintasi di perlintasan palang pintu yang diketahui berada di Jalan Kolonel Sugiono, Kota Malang. Videonya pun menjadi viral di media sosial.

Dari video yang beredar di media sosial di Instagram spoorwegfans_dengan keterangan detik-detik dua bus TNI AL menerobos perlintasan kereta api di Jalan Kolonel Sugiono, Kota Malang, Pos PJL 78 dekat Stasiun Malang Kotalama.

"Bus TNI AL tersebut terlihat melintasi rel kereta api disaat sirine serta palang pintu sudah tertutup dan sebuah lokomotif hendak melintas. Sekedar peringatan bagi seluruh pengguna jalan raya sesuai UU 23 tentang Perkeretaapian wajib mendahulukan perjalanan kereta api," tulis akun itu dikutip Okezone, Jumat (5/5/2023).

Terlihat dari video itu tampak dua unit bus TNI AL menerobos palang pintu perlintasan KA yang sudah tertutup dengan suara sirine yang sudah nyaring terdengar. Pengendara jalan lain pun bahkan telah berhenti dan kereta api sudah dekat dengan ditandai nyalanya lampu di lokomotif yang sudah terlihat.

Namun dua bus yang diduga satu rombongan tetap menerobos palang pintu perlintasan KA dari utara menuju selatan. Satu bus di belakang bahkan nyaris tertabrak kereta api.

Kereta api itu bahkan berkali-kali memberikan semboyan 35 atau klakson menandakan akan melintasi perlintasan tersebut. Tetapi hal itu tak membuat pengemudi dua bus itu menghentikan kendaraannya.

Unggahan video tersebut pun mendapat beragam reaksi dari warganet. Warganet menyebut aksi yang dilakukan pengemudi bus itu tidak memberikan contoh yang bagus.

Bahkan sutradara ternama Fajar Nugros melalui juga turut mengomentari video tersebut melalui Instagramnya. "Luar biasa memang memberi contoh ke masyarakat," komentar Fajar Nugros.

Okezone mencoba menelusuri perlintasan kereta api di bawah flyover Kota Lama yang jaraknya kurang lebih 300 meter dari Stasiun Malang Kota Lama.

Namun ketika mencoba menginformasi kronologi video dua bus TNI AL yang menerobos palang pintu ke penjaga palang pintu petugas tidak bersedia dan diminta untuk menginformasinya ke pihak stasiun maupun Humas KAI Daop 8.

Menanggapi kejadian itu, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif menyayangkan adanya dua bus milik TNI AL yang menerobos palang pintu perlintasan KA yang telah tertutup.

Sumber: Okezone