Video Dokter Tunjukan Bau Busuk Mayat Korban Gempa Palu Jadi Viral

Okezone
 Okezone - Mon, 01 Oct 2018 22:43
 Dilihat: 1027
Video Dokter Tunjukan Bau Busuk Mayat Korban Gempa Palu Jadi Viral

JAKARTA - Jumlah korban yang tewas akibat bencana gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat 28 September 2018 lalu mencapai ratusan orang. Saking banyaknya jenazah yang tergeletak di jalanan akibat terbawa arus ombak yang besar, kini banyak mayat yang sudah mengeluarkan aroma busuk.

Beredar sebuah video di Facebook yang memperlihatkan pengakuan dari seorang dokter bernama Hisbullah. Di dalam rekaman video itu, ia terlihat sedang berada di depan instalasi gawat darurat Rumah Sakit Undata Kota Palu. Dia menjelaskan kalau lokasi tempat ia berdiri tercium bau busuk yang keluar dari kantong-kantong jenazah yang ada di sekitaran rumah sakit tersebut.

"Jadi yang masalah ini mayat-mayat yang ada ini sudah tiga hari ada di sini. Orang bawa dan kemudian keluarganya datang mengambil. Dan seterusnya begitu," kata Hisbullah yang mengunggah videonya di akun Facebook @Hisbullah Amin yang dikutip Okezone, Selasa (2/10/2018).

Dari seluruh jenazah yang ada di sana, kata dia, tak semuanya bisa dikenali oleh pihak keluarganya. Sehingga, mayat-mayat yang tidak diambil, kini sudah mulai mengeluarkan bau tak sedap. Tak sampai di situ masalahnya, rupanya bau busuk itu menyelinap ke dalam rumah sakit dan membuat dokter dan pasien terganggu.

"Masalahnya mayat-mayat ini berdampingan dengan pasien, bau busuk juga masuk sehingga kita enggak bisa kerja, pasien juga terganggu. Kasihan," imbuh dia.

Ia mengkhawatirkan bau busuk dari para jenazah itu masuk ke dalam rumah sakit. Oleh sebab itu, Hisbullah mengimbau kepada siapa saja yang melihat dan mendengar video dirinya untuk mengevakuasi seluruh keberadaan mayat itu.

"Saya takut penyakit masuk ke dalam. Jadi saya mohon yang bisa bantu ini untuk evakuasi mayat-mayat ini. Tidak bisa kita biarkan," ujarnya.

Sumber: Okezone