Video Mencekam Tsunami Terjang Kota Palu Viral

Okezone
 Okezone - Fri, 28 Sep 2018 23:45
 Dilihat: 692
Video Mencekam Tsunami Terjang Kota Palu Viral

JAKARTA - Jumat 28 September 2018 di Palu, Sulawesi Tengah mendadak mencekam. Usai gempa berkekuatan 7,4 skala richter (SR) sekira pukul 17.02 WIB mengguncang daerah tersebut.

Tsunami setinggi hingga 3 meter menerjang dan melululantakan infrastruktur yang ada di tepian pantai Talise. Kejadian itu pun terekam dalam kamera warga setempat, dan menjadi viral di dunia maya.

Dalam video tersebut, air laut begitu beringas menyapu apa pun yang di daratan. Dari atas gedung, warga merekam kejadian itu, dengan penuh rasa terkejut.

Bangunan seperti rumah hancur, air pun langsung masuk menggenangi jalan raya dan beragam kendaraan.

Video lainnya yang juga viral adalah rusaknya Jembatan Ponulele atau juga kerap disebut Jembatan Vatulemo. Jembatan yang merupakan ikon Kota Palu itu hancur lebur diguncang gempa dan disapu tsunami.

Padahal, jembatan tersebut sebelumnya tampak gagah dengan warna kuning membalutnya, dan sering pula dijadikan objek wisata oleh warga setempat.

Video tersebut juga diunggah oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di akun Twitter-nya, @Sutopo_PN.

Untuk pendataan jumlah korban gempa dan tsunami sedianya masih dilakukan pendataan. Terputusnya jaringan komunikasi menjadi kendala untuk mengumpulkan data tersebut, kendati laporan sementara menyebutkan ada beberapa orang dikabarkan meninggal dunia.

Gempa berkekuatan 7,4 SR itu diketahui mengguncang kepulauan Sulawesi Tengah‎ pada Jumat, 28 September 2018, sore. Gempa tersebut menimbulkan tsunami atau gelombang tinggi di bagian pesisir Kabupaten Donggala, Mamuju Utara, dan Palu.

Sumber: Okezone