Air Rendaman Pare yang Viral Bikin Emak-Emak Heboh, Belum Terbukti Cegah Kanker

Okezone
 Okezone - Tue, 09 Jul 2019 09:01
 Dilihat: 539
Air Rendaman Pare yang Viral Bikin Emak-Emak Heboh, Belum Terbukti Cegah Kanker

EMAK-emak tampaknya banyak yang percaya dengan video viral, terkait manfaat air rendaman pare, yang bisa dianggap dapat mencegah kanker. Sebaiknya jangan mudah percaya karena secara medis penelitiannya belum ada.

Beredarnya video viral itu jadi perbincangan kaum emak-emak di WhatssApp Group (WAG) atau dari mulut ke mulut. Dijelaskan dalam video itu Anda harus menyiapkan pare dan air minum yang bersih.

Kemudian, untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyediakan sebuah gelas dan masukkan ke dalamnya beberapa sendok pare. Bagaimana ya tanggapan dokter, juga dengan informasi kebenarannya?

Spesialis Patologi Klinik dr Bettia M Bermawi, SpPK dari RS St Carolus Jakarta Pusat, menjelaskan, pare secara khusus memang mengandung beberapa jenis flavonoids. Cuma kalau untuk mencegah dan mengobati, harus ada dosisnya.

"Kebetulan belum ada penelitian, yang secara spesifik berapa miligram atau gram pare untuk pencegahan. Tapi kalau dikatakan buah pare ada sumber vitamin baik itu benar," ucapnya saat mengomentari perihal video viral tersebut, ditemui Okezone di Prodia Kramat, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019).

Sumber: Okezone