Viral Jenderal TNI Surati Kapolri Bela Babinsa yang Lindungi Warga dalam Konflik Lahan

Okezone
 Okezone - Wed, 22 Sep 2021 07:41
 Viewed: 23
Viral Jenderal TNI Surati Kapolri Bela Babinsa yang Lindungi Warga dalam Konflik Lahan

JAKARTA - Inspektur Kodam (Irdam) XIII/Merdeka, Brigjen Junior Tumilaar mengirimkan surat kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo setelah seorang Babinsa diperiksa polisi karena membela rakyat.

Aksi jenderal bintang itu pun menghebohkan publik. Surat Junior itu pun viral di media sosial (medsos).

Di dalam surat tersebut, jenderal TNI itu meminta kepada Kapolri agar Babinsa tidak perlu sampai dipanggil ke kantor polisi.

Pasalnya, Babinsa hanya berpihak kepada rakyat, Ari Tahiru (67) yang sedang berhadapan dengan masalah konflik lahan di Sulawesi Utara (Sulut). Apalagi Ari disebutnya buta huruf.

Surat tulis tangan Brigjen Junior itu dengan tembusan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Panglima Kodam Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit, pengacara Ari Tahiru, dan anggota Komisi III DPR RI F-NasDem Hillary Brigitta Lasut.

Dia mengatakan bahwa Babinsa sebagai bagian dari sistem pertahanan negara di darat. Babinsa, lanjut dia, diajari untuk mengatasi kesulitan rakyat.

Baca juga: Peletakan Batu Pertama Islamic Center Persis, Kapolri: Ini Bisa Tingkatkan Dakwah

Ari Tahiru sudah ditahan sekitar 15 hari karena masalah sengketa tanah dengan perusahaan pengelola perumahan. Ari lalu meminta pertolongan kepada Babinsa, lalu Babinsa kemudian dipanggil ke Polresta Manado.

Baca juga: Kapolri: Penurunan PPKM Harus Diselaraskan dengan Percepatan Vaksinasi

Brigjen Junior juga menyoroti soal Brimob Polda Sulut yang mendatangi Babinsa saat bertugas di tanah Edwin Lomban. Brimob itu juga disebutnya dipanggil ke Polresta Manado. "Intinya itu kan surat itu bukan masalah Citraland-nya, yang pertama itu. Tapi pemanggilan Babinsa oleh Polri dalam hal ini Polresta Manado," kata Brigjen, Rabu (22/9/2021).

Source: Okezone