Ini Kata Roy Suryo soal Foto Viral Meteor "Jatuh" di Puncak Merapi

Okezone
 Okezone - Sat, 29 May 2021 04:32
 Viewed: 410
Ini Kata Roy Suryo soal Foto Viral Meteor "Jatuh" di Puncak Merapi

YOGYAKARTA - Pakar Telematika Roy Suryo ikut menyoroti foto meteor jatuh di Puncak Gunung Merapi pada Kamis, 27 Mei 2021 yang viral di media sosial. Ia pun memiliki analisa sendiri.

Roy menilai, kilatan cahaya yang jatuh tersebut kemungkinan memang benar meteor. Hanya saja meteor tersebut diyakininya tidak benar-benar masuk atau jatuh tepat di atas puncak merapi, melainkan hanya angle fotografer yang dinilai menguntungkan, sehingga seolah-olah meteor tersebut jatuh tepat di atas puncak Gunung Merapi.

"Banyak netizen yang meragukan foto tersebut. Tetapi saya yakin kemungkinan itu memang benar meteor jatuh. Hanya saja, memang karena angle fotografer yang 'menguntungkan', maka seolah-olah meteor tersebut masuk ke kawah Merapi, padahal tidak. Meteor kemungkinan besar melintas jauh di belakangnya," jelas Roy Suryo kepada KRJOGJA.com, Jumat (28/5/2021).

Baca Juga: 4 Fakta Juru Parkir Temukan Duit Segepok Lalu Disumbangkan ke Palestina

Analisa tersebut disampaikan Roy Suryo untuk sedikit memberikan gambaran kepada para netizen yang meragukan maupun yang meyakini keaslian foto tersebut.

Berdasarkan berita beredar di jagat maya, terutama media sosial, foto yang sempat viral tersebut diambil oleh seorang fotografer Gunarto Song dari lokasi Batu Alien di kawasan Kaliadem, Cangkringan, Sleman, pada Kamis, 27 Mei 2021 malam sekitar pukul 23.07 WIB.

Menurut Gunarto Song, foto bidikannya tersebut tidak sengaja tertangkap oleh kameranya yang memang sedang fokus ingin mengabadikan momen-momen luncuran lava pijar Gunung Merapi yang saat ini masih dalam status Siaga Level III. Ia tidak menyangka bisa membidik foto kilatan cahaya yang diduga meteor jatuh tersebut . Foto itu kemudian diunggah di akun Instagramnya @gunarto_song pada Jumat, 28 Mei 2021.

Baca Juga: Dikabarkan Tewas Tertembak Marinir 20 Tahun Silam, Pria Ini Ditemukan Telah Menikah

Dalam caption unggahan foto tersebut, Gunarto bertanya apakah yang dilihatnya itu merupakan meteor jatuh di puncak Gunung Merapi atau bukan. "Meteor jatuh di puncak Gunung Merapi?? Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta (27 Mei 2021 jam 23.07 WIB)," tulis Gunarto.

Source: Okezone