Heboh Pneumonia Wuhan, Ini 3 Vaksin yang Efektif Cegah Virus Korona

Okezone
 Okezone - Wed, 22 Jan 2020 08:15
 Viewed: 435
Heboh Pneumonia Wuhan, Ini 3 Vaksin yang Efektif Cegah Virus Korona

WABAH virus korona di Wuhan, China membuat gempar masyarakat di dunia. Pasalnya wabah tersebut sudah mulai menyebar ke beberapa negara tetangga di Asia seperti Thailand, Korea Selatan, Jepang, Vietnam dan Singapura. Alhasil banyak masyarakat yang berbondong-bondong melakukan vaksin agar tidak tertular penyakit berbahaya ini.

Seperti diketahui virus korona yang bermutasi, akan membawa penyakit Sindrom pernapasan akut berat (SARS), yang kemudian mengarah ke bentuk pneumonia. Jika tidak ditangani serius penyakit yang satu ini bisa mengancam jiwa seseorang.

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), saat ini terdapat setidaknya tiga vaksin yang bisa mencegah pneumonia. Vaksin tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam memproteksi tubuh dari bakteri.

Vaksin pertama adalah pneumokokus atau biasa dikenal sebagai pneumococcal conjugate vaccine (PCV). Vaksin ini akan memberikan kekebalan terhadap 13 strain bakteri streptococcus pneumoniae yang paling sering menyebabkan penyakit pneumokokus pada manusia. Masa perlindungan vaksin ini selama 3 tahun dan utamanya diberikan kepada bayi dan anak di bawah usia dua tahun.

Source: Okezone