Heboh Beredar Beras Plastik, Ini Penjelasan Plt Mentan

Okezone
 Okezone - Thu, 12 Oct 2023 03:07
 Viewed: 262

JAKARTA - Plt Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi buka suara terkait adanya fenomena beras sintetis di Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Bahkan dikabarkan ada salah seorang warga mengakui sakit usai mengonsumsi beras yang diduga sintetis tersebut.

Dia mengatakan isu beras sintetis rentan dihembuskan di tengah upaya serius pemerintah melakukan stabilisasi pasokan dan harga beras dengan menggencarkan Gerakan Pangan Murah (GPM), bantuan pangan beras dan operasi pasar Bulog.

"Sekarang kalau ada beras sintetis, satgas pangan harus melakukan investigasi dan jika memang terbukti bersalah, perlu diproses secara hukum, sehingga masyarakat tenang dan mendapat kejelasan mengenai masalah ini," ujar Arief dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/10/2023).

Selain melakukan tindakan pengujian ilmiah terhadap sampel beras melalui Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP) di bawah Badan Pangan Nasional, Arief juga meminta satgas pangan untuk melakukan pengawasan dan penindakan terhadap pihak-pihak yang terbukti menyebarkan berita hoax mengenai beras sintetis ini.

Plt Mentan itu juga mengimbau seluruh masyarakat agar lebih cermat memilih produk pangan yang aman, dan membaca label serta tidak mudah terprovokasi dengan isu keamanan pangan yang belum pasti kebenarannya.

Source: Okezone