Bikin Heboh! Propaganda Politik China Mendadak Muncul di Dinding London

Okezone
 Okezone - Tue, 08 Aug 2023 07:18
 Viewed: 66

LONDON - Brick Lane London, yang terkenal dengan seni jalanannya, telah menjadi perbincangan setelah salah satu dindingnya ditutupi oleh slogan-slogan yang memuji ideologi Partai Komunis China.

Video online menunjukkan sekelompok orang telah menyemprotkan cat karakter China merah besar dengan latar belakang putih semalam di akhir pekan.

"Nilai-nilai inti sosialis" yang terdiri dari 12 kata dua karakter, adalah beberapa slogan politik paling umum di bawah pemerintahan Presiden Xi Jinping. Propaganda politik dalam bentuk karakter blok merah di dinding putih adalah pemandangan yang biasa di China.

Slogan-slogan Brick Lane telah memicu perdebatan secara online mengenai apakah mereka dianggap sebagai seni jalanan dan bagaimana kebebasan berekspresi dan propaganda politik berinteraksi.

Tembok itu juga menjadi arena persaingan narasi - orang dengan cepat menambahkan grafiti baru yang mengkritik pemerintah China.

Beberapa menambahkan kata "tidak" di depan, atau memposting pesan atau gambar lain yang mempermasalahkan kata-kata cat semprot. Satu gambar menunjukkan denda sebesar 800 poundsterling yang dikeluarkan pada Sabtu (5/8/2023), mengutip "grafiti & flyposting" sebagai pelanggaran.

Yang lain kesal karena slogan-slogan itu menutupi karya-karya lama, termasuk penghormatan kepada seniman jalanan terkenal yang meninggal.

Source: Okezone