Viral WNA di Bali Dikawal Patwal Tuai Sorotan di Media Sosial

Okezone
 Okezone - Fri, 02 Feb 2024 01:19
 Dilihat: 96

DENPASAR - Viral di media sosial video seorang warga negara asing (WNA) yang mengendarai mobil pribadi meminta pengawalan kepada polisi lalu lintas. Diduga Patwal digunakan untuk menghindari kemacetan.

Turis menggunakan jasa patwal polisi untuk menuju ke sebuah Beach Club di Bali. Video itu viral di media sosial dan menuai pro kontra terkait fungsi polisi dalam hal pengawalan lalu lintas.

Menanggapi video tersebut, Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan menjelaskan, hasil analisa Ditreskrimsus Polda Bali, video tersebut adalah video lama yang di-reupload. Video diduga direkam pada November 2022 saat digelar KTT G20 di Bali, di mana pada saat itu Bali sedang didatangi banyak tamu negara.

Sementara anggota lantas yang ada dalam video telah dilakukan langkah penindakan oleh Bidpropam Polda Bali.

Sesuai Peraturan Kakorlantas Polri No 2 Tahun 2018 tentang standar operasional prosedur pengawalan lalulintas. Pengawalan dapat dilakukan untuk hal yang bersifat emergency, pejabat atau tamu negara, pengawalan juga dapat dilakukan serangkaian pelayanan masyarakat untuk kegiatan keagamaan, serta pengawalan rombongan komunitas tertentu untuk menertibkan arus lalu lintas.

Sumber: Okezone