Viral Warga Santai Dekati Angin Puting Beliung, Ini Faktanya

Okezone
 Okezone - Mon, 21 Sep 2020 06:21
 Dilihat: 568
Viral Warga Santai Dekati Angin Puting Beliung, Ini Faktanya

PROBOLINGGO - Beredar postingan video yang menunjukkan terjadinya angin puting beliung. Rekaman itu viral usai diunggah ke grup media sosial Facebook Info Lantas dan Kriminal Probolinggo ( ILKP).

Video berdurasi 0.18 detik ini diposting pada Senin (21/9/2020) sekira 3 jam lalu dan sudah diberi tanda like ratusan kali, serta dibagikan ratusan kali.

Dalam video itu terlihat angin puting beliung menerbangkan sampah sampah plastik dan seorang dengan santainya lalu lalang dekat angin yang berputar tersebut.

Pemilik akun @yani mulyani mendiskripsikan, kejadian tersebut terjadi pada Minggu 20 September 2020 di depan Pasar Pajarakan, Probolinggo.

Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo Sugeng Suprisayoga membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Angin puting beliung ini biasa disebut warga Probolinggo, angin lak palak taon, dan itu berbahaya, untung saja yang diposting di medsos tergolong kecil," Ujar Sugeng pada Senin (21/9/2020).

Ia menambahkan, saat ini probolinggo memang kemarau basah dan video rekaman angin tersebut setelah redah hujan, kemudian terjadi angin puting beliung.

"Untung saja angin tersebut kecil dan tidak menimbulan kerusakan material dan korban jiwa," tutur Sugeng.

"Diimbau kepada masyarakat bila menjumpai hendaknya jangan panik dan mendekat, carilah tempat aman dan jangan berlindung di bawah pohon," pungkasnya.

Sumber: Okezone