Viral Angin Puting Beliung Porak Porandakan Bangkalan Madura

Okezone
 Okezone - Mon, 09 Dec 2019 22:55
 Dilihat: 504
Viral Angin Puting Beliung Porak Porandakan Bangkalan Madura

SURABAYA - Media sosial digegerkan dengan fenomena angin puting beliung yang memporak-porandakan wilayah Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Video angin puting beliung itu menjadi viral di media sosial.

Sebelumnya diketahui hujan yang terjadi di Desa Burneh dan Benangkah, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jatim, Senin 9 Desember 2019. Akibatnya sejumlah bangunan semi permanen banyak yang rusak. Terutama warung yang ada di tepi jalan akses Suramadu tepatnya di tangkel.

Tidak hanya itu, puting beliung juga merobohkan beberapa pohon dan tiang listrik. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak sampai menelan korban jiwa.

Kepala BPBD Kabupaten Bangkalan, Rizal Moris, menyatakan bencana angin puting beliung berlangsung sekitar 15 menit. Kejadian ini menyebabkan tiang listrik dan pohon tumbang ke jalan nasional yang menyebabkan kemacetan panjang.

"Untuk di Desa Benangkah mobil milik pedagang atas nama Vivin tertimpa tiang listrik, gudang bahan bangunan rusak berat tertimpa tiang listrik, 2 warung rusak ringan tertimpa dahan pohon yang tumbang dan sebuah bengkel rusak," papar Rizal.

Baca Juga: Rusak 43 Rumah, Puting Beliung di Kendal Hanya Berlangsung 5 Menit

Sedangkan untuk di Desa Burneh, sambung Rizal, ada lima warung yang rusak. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bangkalan beserta Damkar, polisi dan PLN melakukan upaya pembersihan jalan di lokasi bencana.

"Sampai saat ini para petugas masih melakukan upaya pembersihan jalan dan pengaturan lalu lintas di lokasi bencana. Kami menghimbau kepada warga masyarakat dan pengguna jalan untuk berhati-hati dan waspada karena upaya pembersihan," tandasnya.

Sumber: Okezone