Viral! Sarjana UI Kalah Saing dari Lulusan STM saat Lamar Kerja di PT PAL, Ini Penjelasan Perusahaan

Okezone
 Okezone - Tue, 30 May 2023 04:47
 Dilihat: 277

JAKARTA - Media sosial Twitter dihebohkan dengan kabar bahwa seorang lulusan sarjana Universitas Indonesia (UI) Jurusan Teknik Mesin 2022 kalah saing dengan lulusan STM saat melamar kerja di PT PAL Indonesia (Persero).

Bahkan, sang pemilik Ijazah STM tersebut juga berhasil menggeser 15 pelamar lain yang merupakan pemegang ijazah Sarjana (S1).

Menanggapi kabar tersebut, Sekretaris Perusahaan PAL Indonesia Edi Rianto, mengatakan pihaknya masih melakukan pengecekan di bagian divisi human capital atau sumber daya manusia (SDM) perusahaan.

Menurutnya, proses rekrutmen di internal perusahaan tetap dilaksanakan secara transparan hingga melibatkan konsultan eksternal. Pasalnya, PAL Indonesia merupakan BUMN yang memproduksi alat utama sistem pertahanan Indonesia, khususnya matra laut.

"Paralel kami cek ke SDM kami, biasanya kita kalau perekrutan itu kita transparent, kita juga melibatkan konsultan dari luar," ujar Edi saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (30/5/2023).

BACA JUGA:

Edi menjelaskan rekrutmen tenaga kerja teknis lebih mengutamakan keahlian khusus dan sertifikasi. Dia mencontohkan tenaga kerja pengelasan yang membutuhkan keahlian dan sudah mengantongi sertifikasi.

"Memang PT PAL itu kan bangun kapal, sekarang bukan cuma kapal perang di permukaan, tapi juga kapal perang di bawa air. Kalau di bawa air itu kan tekanannya tinggi bisa 250 menyelam di bawa air. Itu spesifikasi yang dibutuhkan tenaga kerja itu yang sudah punya sertifikat. Dan sertifikat pengelasan itu ada posisinya atau jenis," ucapnya.

Sumber: Okezone