Viral Salju Hitam Selimuti Rusia, Beracunkah?

Okezone
 Okezone - Sat, 16 Feb 2019 01:31
 Dilihat: 360
Viral Salju Hitam Selimuti Rusia, Beracunkah?

KISELEVSK - Salju hitam pekat menyelimuti Kota Kiselevsk dan Prokopyevsk, Kuzbass, Rusia. Sejak awal pekan ini, penduduk di kedua kota tersebut dihantui dengan munculnya salju hitam tersebut.

Sejumlah foto dan video viral di media sosial yang memperlihatkan pemandangan salju hitam tersebut membuat penduduk semakin khawatir. Sebagian wilayah di dua kota tersebut berubah suram karena diselimuti salju hitam. Pemandangan ini sangat langka sehingga membuat penduduk setempat khawatir.

Baca juga: Akibat Serangan Ayan, Seorang Wanita Tewas Dimakan Babi Hidup-Hidup

Dilansir Oddity Central, Jumat (15/2/2019), pejabat daerah Kemerovo urusan industri, transportasi, dan ekologi, Andrey Panov, mengatakan, salju hitam itu disebabkan limbah industri. Pabrik pengolahan batu bara yang berada di kawasan tersebut menjadi kambing hitam.

Asap pengolahan batu bara inilah yang menyebabkan salju di dua kota tersebut menghitam. Selain itu, asap gas buangan kendaraan juga memperparah pencemaran udara di Rusia.

Tim penyidik Badan Lingkungan Hidup Rusia melakukan penyelidikan di dua pabrik batu bara yang ada di wilayah tersebut. Anatoly Volkov, direktur pabrik batu bara di Prolopievskaya mengatakan, pihaknya menggunakan penyaring khusus untuk mengatasi limbah pabrik. Meski demikian, tetap saja limbah pabrik batu baranya belum bisa ditangani dengan baik.

Baca juga: Penyihir Rusia Rapal Mantra untuk Presiden Putin agar Kuat Melawan Musuh

Sementara itu, penduduk Kota Kiselevsk dan Prokopyevsk berharap pemerintah segera menyelesaikan masalah salju hitam tersebut. Mereka takut salju hitam itu memengaruhi udara yang dihirup dan menimbulkan penyakit.

Sumber: Okezone