Viral Perempuan di Tasik Hamil 1 Jam Lahirkan Bayi, Apa Itu Cryptic Pregnancy?

Okezone
 Okezone - Tue, 21 Jul 2020 04:49
 Dilihat: 548
Viral Perempuan di Tasik Hamil 1 Jam Lahirkan Bayi, Apa Itu Cryptic Pregnancy?

Baru-baru ini, kasus mendadak hamil selama satu jam yang dialami Heni Nuraeni (28) menjadi viral. Perut perempuan asal Tasikmalaya tersebut membesar selama satu jam dan kemudian melahirkan seorang anak laki-laki.

Ia mengaku, sebelum anaknya lahir, ia tidak pernah mengalami gejala atau tanda kehamilan seperti pada umumnya. Bahkan, kata dia, selama sembilan bulan terakhir, dia secara teratur mengalami menstruasi.

Menurut keterangan Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Reti Zia mengatakan, proses melahirkan bayi tanpa merasakan kandungan di wilayahnya baru terjadi kali ini.

Namun, di dunia medis memang pernah terjadi dan kasus itu disebut cryptic pregnancy. Kasus ini terbilang langka karena hanya terjadi satu kasus dari ratusan kasus kehamilan.

Ibu dan bayinya sehat setelah melahirkan bayi di Tasikmalaya (foto: Asep/iNews)

Melansir Healthline pada Selasa (21/7/2020), cryptic pregnancy juga disebut kehamilan samar atau tersembunyi. Kehamilan samar tidak bisa terdeteksi karena tidak menunjukkan gejala kehamilan pada umumnya.

Baca Juga : Cek Fakta, Kerja Lembur Tingkatkan Risiko Terinfeksi Covid-19?

Di Amerika serikat, wanita yang mengalami Cryptic pregnancy baru sadar kalau dirinya hamil setelah 5 hingga 12 minggu setelah pembuahan.

Jika Anda hamil tetapi tidak menyadarinya, gejala kehamilan yang hilang dapat menambah kebingungan. Terutama jika Anda belum pernah hamil sebelumnya, mudah untuk menghilangkan gejala kehamilan seperti gerakan janin, sedikit kenaikan berat badan, dan kelelahan akibat pilihan makanan atau gaya hidup.

Rendahnya kadar hormon kehamilan juga dapat membuat Anda tidak menyadari jika Anda sedang hamil. Karena mungkin saja Anda tidak mengalami mual, pembengkakan payudara, serta mood swing atau perubahan suasana hati yang mendadak.

Sumber: Okezone