Viral Bayi Tidur Hampir Setahun Idap Sleeping Beauty Syndrome, Apa Itu?

Okezone
 Okezone - Mon, 20 Jul 2020 01:46
 Dilihat: 512
Viral Bayi Tidur Hampir Setahun Idap Sleeping Beauty Syndrome, Apa Itu?

Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan video TikTok bayi tengah tidur yang dibuat oleh seorang ibu di Madura, Jawa Timur. Heboh karena ternyata bayi tersebut bukan sedang tidur siang, tetapi sudah tidur selama hampir setahun.

Diketahui bayi tersebut bernama 'Shaka', dia mulai tidur sejak usia 8 bulan. Shaka belum terbangun hingga sekarang usianya telah menginjak 18 bulan.

@shaka_17

kemaren dedex ke bu ningsih tinampi...tapi bu ningsihx gk mau ktmu dede..yng sabar yo...mungkin laen hri bu ningsihx mau ktmu kta..kta harus berjuang

Bisane Mung Nyawang - Suliyana

Dokter telah mendiagnosis Shaka mengidap Sleeping Beauty Syndrome (Sindrom Putri Tidur). Di dunia medis, kondisi yang dialami Shaka disebut Klein-Levin Syndrome (KLS).

Apa itu Sindrom Kleine-Levin atau Sleeping Beauty Syndrome?

Sindrom Kleine-Levin adalah kelainan neurologis langka dan kompleks yang ditandai dengan periode berulang dari jumlah tidur yang berlebihan dan perubahan perilaku. Kelainan ini biasanya menyerang remaja, tapi bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa yang lebih muda.

Pada permulaan episode, pasien menjadi semakin mengantuk dan tidur hampir sepanjang hari dan malam (hypersomnolence), kadang terbangun hanya untuk makan atau pergi ke kamar mandi. Setiap episode berlangsung beberapa hari, minggu atau bulan, selama semua aktivitas normal sehari-hari berhenti. Individu tidak dapat merawat diri mereka sendiri atau bersekolah dan bekerja.

Baca Juga : Gugus Tugas Covid-19 : Rapat di Kantor Bahas yang Penting Saja, Tak Lebih dari 30 Menit

Di sela episode, orang-orang dengan KLS tampak sehat sempurna tanpa bukti adanya disfungsi perilaku atau fisik. Episode KLS dapat berlanjut selama 10 tahun atau lebih. KLS kadang disebut di media sebagai sindrom "Sleeping Beauty".

Sumber: Okezone