Viral Pembakaran Alquran, Muhammadiyah: Itu Kejahatan, Lukai Umat Islam

Okezone
 Okezone - Tue, 25 May 2021 01:57
 Dilihat: 116
Viral Pembakaran Alquran, Muhammadiyah: Itu Kejahatan, Lukai Umat Islam

JAKARTA - Video pembakaran Alquran yang viral di media sosial, mendapat tanggapan dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. PP Muhammadiyah mengecam aksi pembakaran Alquran tersebut, dan menilai perbuatan itu melukai umat Islam.

"Itu kejahatan betul, itu kan kitab suci agama, jadi yang harusnya dihormati, kok dibakar? Apa dosanya itu kitab suci? Nggak ada dosanya. Jadi orang-orang seperti itu orang-orang gila, orang yang mungkin semacam kurang normal lah, kalau pun dia normal, tidak menghormati pemeluk agama," kata Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad kepada wartawan, Senin (24/5/2021).

Dadang menambahkan, pembakaran terhadap Alquran juga melukai semua agama. Pasalnya, setiap warga negara harus menghargai kitab suci.

"Melukai umat Islam, melukai semua agama. Itu kan kitab suci yang perlu dihormati, kita suci apapun perlu dihormati," tegas Dadang.

Baca Juga: Berencana Bakar Alquran, 5 Aktivis Denmark Diusir dari Belgia

"Maka saya kalau itu ketahuan siapa pun yang nanti ketahuan, ya polisi harus menghukumnya. Karena itu bukan hanya melukai kaum muslim, melukai semua umat beragama. Karena kita saling menghormati, itu kan undang-undang atau konstitusi Indonesia disebutkan saling menghormati, Bhinneka Tunggal Ika," tambahnya.

Perbuatan membakar Alquran, kata Dadang, sebagai sebuah penghinaan. Dia berharap agar simbol-simbol agama dihormati.

"Ya saya kira semua orang ya jangan saling menghina, itu kan penghinaan, apa salahnya kitab suci, nggak ada yang salah. Yang salah itu kan manusianya kalau pun. Oleh karana itu hormatilah terhadap simbol-simbol keagamaan dihormati," tukasnya.

Aksi pembakaran ini, kata Dadang tidak boleh dibiarkan. Sebab, aksi serupa juga bisa terjadi pada kitab suci lainnya.

Sumber: Okezone