Viral Kasus Bea Cukai, Jokowi Bakal Gelar Ratas

Okezone
 Okezone - Tue, 14 May 2024 20:22
 Dilihat: 77

JAKARTA - Viralnya beberapa kasus Bea Cukai membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar rapat internal dengan agenda evaluasi Bea Cukai. Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani luruskan permasalahan.

Akhir-akhir ini Bea Cukai sedang ramai dibicarakan di berbagai media sosial. Viralnya Bea Cukai ini disebabkan oleh beberapa kasus. Beberapa kasus yang membuat Bea Cukai viral diantaranya pengiriman sepatu, action figure robotic hingga penahanan alat belajar Sekolah Luar Biasa (SLB).

"Ya nanti akan kami rataskan di rapat internal," ujar Jokowi di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Konawe di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024).

Dalam kasus pengiriman sepatu dan pengiriman action figure (Robotic), perusahaan jasa titipan (PJT) memberi tahu harga yang lebih rendah dari yang sebenarnya (under invoicing). Akhirnya, petugas Bea Cukai mengoreksi untuk perhitungan bea masuk dan pajaknya.

"Namun masalah ini sudah selesai karena Bea Masuk dan Pajaknya telah dilakukan pembayaran, sehingga barangnya pun sudah diterima oleh penerima barang," kata Sri Mulyani.

Kemudian, terkait pengiriman barang untuk Sekolah Luar Biasa (SLB), proses pengurusan tidak dilanjutkan oleh yang bersangkutan tanpa keterangan apa pun, maka barang tersebut ditetapkan sebagai Barang Tidak Dikuasai (BTD).

Sumber: Okezone