Viral Dua Bocah Nekat Naik Motor Madura-Jakarta, Caleg Perindo Dian Mirza: Tekankan 3 Hal Penting

Okezone
 Okezone - Fri, 24 Nov 2023 10:34
 Dilihat: 64

JAKARTA - Caleg muda Partai Perindo, Dian Mirza menyoroti aksi viral dua bocah MZ dan MR asal Sampang, Madura, Jawa Timur, yang nekat mengendarai motor dari kampung halamannya ke Jakarta dengan bermodalkan GPS. Menurut Dian, aksi kedua bocah tersebut perlu mendapatkan perhatian serius.

"Karena menyangkut keselamatan dan tahapan perkembangan kehidupannya kelak. Usia 10-11 tahun adalah usia transisi dari anak-anak menuju remaja, dan pendampingan orang tua dalam pola asuh masih sangat dibutuhkan," kata Dian kepada wartawan, Jumat (24/11/2023).

Karenanya, Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 9 itu mengatakan, ada beberapa rekomendasi yang perlu menjadi perhatian.

Pertama, kedua bocah tersebut sudah menyalahi aturan mengendarai kendaraan tanpa sepengetahuan orang tua. Artinya, kedekatan atau komunikasi kedua bocah tersebut dengan orang tuanya dinilai kurang baik.

Padahal, menurut Dian, anak usia 10-11 tahun sedang mengalami transisi menuju kemandirian yang lebih besar. Secara kognitif, mereka sering kali masih berpikir untuk jangka pendek.

"Jadi, alangkah baiknya orangtua tetap membina kedekatan dengan anak melalui komunikasi terkait sebab - akibat, konsekuensi atas segala tindakan yang dilakukan, namun tidak terlalu mendominasi. Pembinaan dalam bentuk sosialisasi ke sekolah- sekolah juga perlu dilakukan pihak kepolisian terkait keamanan berkendara," jelasnya.

Kedua, lanjut Dian, dilihat dari aspek sosial, seharusnya, orang tua tetap memberikan ruang, namun tetap diawasi.

"Jika MZ dan DR bisa mengemukakan alasannya, orang tua bisa membantu memberikan solusinya," kata dia.

"Ketiga, peran guru juga tidak kalah penting dalam memantau perkembangan anak - anak di sekolah dan terus melakukan komunikasi dengan orang tua apabila ada aktivitas ataupun tindakan anak yang tidak biasa di sekolah," pungkasnya.

Sumber: Okezone