Uang Khusus Rp75.000 dan Kehebohan Baju Adat China, Simak 5 Faktanya

Okezone
 Okezone - Fri, 21 Aug 2020 23:19
 Dilihat: 765
Uang Khusus Rp75.000 dan Kehebohan Baju Adat China, Simak 5 Faktanya

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang khusus Kemerdekaan 75 Tahun Indonesia. Rupiah khusus ini memiliki pecahan Rp75.000.

Penerbitan uang khusus ini pun ramai diperbincangkan publik. Di mana media sosial ramai soal adanya pakaian adat China yang digunakan salah satu anak di uang tersebut.

Lantas seperti apa faktanya? Apakah benar itu baju adat China? Okezone pun merangkum fakta-fakta terkait Rp75.000 dengan fenomena baju china, Sabtu (22/8/2020):

1. Viral Baju China di Rp75.000

Jagad media sosial dihebohkan dengan gambar uang baru pecahan 75 rupiah edisi kemerdekaan HUT ke 75 RI. Beberapa akun medsos menuliskan narasi kalau di dalam uang itu terdapat seorang anak yang mengenakan pakaian adat Tiongkok, China. Lantas bagaimana tanggapan Bank Indonesia terkait kabar tersebut?

Hal tersebut diutarakan oleh salah satu pengguna twitter dengan akun @Ri***_na*9. Mengutip cuitannya, Jakarta, Selasa (18/8/2020), dirinya mempertanyakan akan baju adat salah satu anak di gambar uang tersebut.

"Ini uang pecahan 75000 yang dikeluarkan BI hari ini. Itu yang tengah pakaian adat mana ya ada yg tau??'" ujar kutipan tersebut.

2. Kata Bank Indonesia

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim menjelaskan gambar yang dituding sebagai pakaian adat China itu merupakan foto seorang anak yang berasal dari suku Tidung, Kalimantan Utara. Dirinya mempersilakan kepada seluruh masyarakat untuk membuktikannya hal tersebut di mesin pencari Google.

3. 9 Pakaian Adat Daerah

Dalam uang itu terdapat sembilan pakaian adat daerah yang belum pernah ditampilkan dalam nominal uang yang pihaknya telah terbitkan. Di antaranya adalah baju adat dari Aceh, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua.

Sumber: Okezone