Heboh Baju Adat China di Uang Khusus Pecahan Rp75.000, BI Buka Suara

Okezone
 Okezone - Tue, 18 Aug 2020 05:40
 Dilihat: 703
Heboh Baju Adat China di Uang Khusus Pecahan Rp75.000, BI Buka Suara

JAKARTA - Jagad media sosial dihebohkan dengan gambar uang baru pecahan 75 rupiah edisi kemerdekaan HUT ke 75 RI. Beberapa akun medsos menuliskan narasi kalau di dalam uang itu terdapat seorang anak yang mengenakan pakaian adat Tiongkok, China. Lantas bagaimana tanggapan Bank Indonesia terkait kabar tersebut?

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim menjelaskan gambar yang dituding sebagai pakaian adat China itu merupakan foto seorang anak yang berasal dari suku Tidung, Kalimantan Utara. Dirinya mempersilakan kepada seluruh masyarakat untuk membuktikannya hal tersebut di mesin pencari Google.

Baca juga: Viral! Banyak Orang Pertanyakan Uang Khusus Rp75.000 Tampilkan Baju Adat China

"Ini bukan dari Tiongkok, ini asli daerah Indonesia," kata Marlison dalam konferensi pers secara virtual, Senin (18/8/2020).

Dia menerangkan dalam uang itu terdapat sembilan pakaian adat daerah yang belum pernah ditampilkan dalam nominal uang yang pihaknya telah terbitkan. Di antaranya adalah baju adat dari Aceh, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua.

Baca juga: Uang Baru Rp75.000 Hanya Dicetak 75 Juta Lembar, Bukan untuk Kegiatan Ekonomi

"Pakaian adat ini kita tampilkan dari 9 daerah yang belum pernah kita tampilkan di uang-uang yang pernah kita terbitkan," kata dia.

Dia menambahkan, pihaknya pun telah mendapatkan izin dari pemerintah daerah terkait untuk menampilkan pakaian adatnya di dalam uang pencahan Rp 75 ribu edisi kemerdekaan HUT ke 75 RI.

"Khusus tentang budaya daerah kita koordinasi dengan pemerintah daerah setempat," ujarnya.

Sumber: Okezone