Kenali Busana Adat Suku Tidung Kaltara yang Viral di Uang Baru Rp75.000

Okezone
 Okezone - Wed, 19 Aug 2020 09:42
 Dilihat: 725
Kenali Busana Adat Suku Tidung Kaltara yang Viral di Uang Baru Rp75.000

UANG Peringatan Kemerdekaan (UPK) pecahan Rp75.000 menuai kontroversi di masyarakat. Uang istimewa tersebut dituding tampilkan busana adat non-Indonesia.

Salah satu netizen yang mengutarakan anggapan tersebut adalah @DedySundawi. Dalam keterangannya di Twitter, dia menuliskan kalimat seperti ini;

"Di uang pecahan Rp75 ribu, terlihat gambar anak-anak memakai pakaian adat dari berbagai suku dan etnis dari Sabang sampai Merauke. Tapi yang ditandai oleh lingkaran merah itu pakaian adat dari daerah mana, ya? Apa iya harus tanya ke @BPIPRI atau tanya ke @jokowi."

Di unggahannya tersebut, netizen ini membagikan juga tiga foto yang memperlihatkan penampakan uang pecahan Rp75 ribu tersebut yang diketahui hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar.

Baca Juga: Cantiknya Luna Maya Pakai Gaun Transparan, Bikin Netizen Mau Pingsan!

Mengetahui adanya isu tersebut, Bank Indonesia melalui Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim menjelaskan, gambar yang dituding sebagai busana adat China itu sejatinya adalah busana adat suku Tidung di Kalimantan Utara (Kaltara).

Berdasar banyak sumber, diketahui bahwa busana adat itu bernama Sapei Sapaq. Pakaian adat tersebut ternyata busana pengantin masyarakat Suku Tidung, loh.

Sumber: Okezone