Sejarah Panjang Sepatu Bata yang Viral karena Tutup Pabrik

Okezone
 Okezone - Mon, 06 May 2024 20:10
 Dilihat: 110

JAKARTA - Siapa masyarakat Indonesia yang tidak tahu merek sepatu bata? Bata merupakan salah satu merek alas kaki yang terkenal dengan kualitasnya yang tidak main-main

Selama beberapa dekade terakhir, bata berada di masa kejayaannya. Namun sayangnya, popularitasnya semakin menurun seiring perkembangan zaman. Bata bahkan menutup pabriknya yang berada di Purwakarta.

Sejarah bata dalam industri alas kaki Indonesia dapat dikatakan cukup panjang. Bata pertama kali masuk ke tanah air pada tahun 1931 dan berhasil menjadi salah satu sepatu favorit masyarakat.

Masyarakat sering kali salah mengira bata merupakan produk buatan lokal. Padahal, bata berasal dari Ceko dan pendirinya adalah sebuah keluarga bernama Tomas, Anna, dan Antonin Bata.

Keluarga Bata memiliki 4 unit bisnis internasional uang tersebar luas di berbagai belahan dunia, yaitu Bata Amerika Utara, Bata Eropa, Bata Amerika Latin, dan Bata Asia Pasifik-Afrika.

Produk mereka telah tersebar di lebih dari 50 negara di seluruh dunia dan berhasil mencapai penjualan miliaran pasang sepatu sejak pertama kali berdiri

Nama lengkap perusahaan Bata adalah T&A Bata Shoe Company. Kantor pusat mereka terletak di negara Switzerland tepatnya di Kota Lausanne

Masuknya Bata ke Indonesia dimulai dengan kerjasama Bata dengan NV, Netherlandsch-Indisch, sebagai importir sepatu beroperasi di Tanjung Priok.

Sumber: Okezone