Heboh Muhammadiyah Tarik Dana Jumbo, Bagaimana Likuiditas Perbankan?

Okezone
 Okezone - Wed, 23 Dec 2020 09:11
 Dilihat: 350
Heboh Muhammadiyah Tarik Dana Jumbo, Bagaimana Likuiditas Perbankan?

JAKARTA - PP Muhamadiyah berencana menarik dana amal usaha dan persyarikatan yang selama ini ditempatkan di Bank Syariah Indonesia (BSI). Bahkan Muhammadiyah meminta seluruh cabang di daerah harus menarik dana dari bank hasil merger.

Muhammadiyah berencana mengalihkan semua pembiayaannya kepada bank-bank syariah lain yang skalanya masih lebih kecil yang lebih menjangkau UMKM. Muhamdiyah beranggapan, BSI sesuai wataknya sebagai bank syariah sangat tepat apabila mendeklarasikan diri sebagai bank yang fokus kepada UMKM untuk percepatan perwujudan keadilan sosial ekonomi secara lebih progresif di negeri ini.

Baca Juga: Muhamadiyah Tarik Dana Jumbo, Bank Syariah Indonesia Rugi?

Bahkan BSI yang berlabelkan syariah secara khusus penting menaruh perhatian, pemihakan, dan kebijakan imperatif pada program penguatan dan pemberdayaan ekonomi umat Islam yang sampai saat ini masih lemah secara ekonomi.

Terlebih total aset Bank Hasil Penggabungan nantinya mencapai Rp214,6 triliun dengan modal inti lebih dari Rp20,4 triliun.

Jumlah tersebut juga menempatkan Bank Hasil Penggabungan dalam daftar 10 besar bank terbesar di Indonesia dari sisi aset, dan TOP 10 bank syariah terbesar di dunia dari sisi kapitalisasi pasar.

"Penarikan Dana mereka dari sebuah bank tentu saja berdampak sangat besar terhadap bank tersebut," kata Pengamat Ekonomi Piter Abdullah saat dihubungi di Jakarta.

Sumber: Okezone