Heboh Reksa Dana Sinarmas vs Bibit Tumbuh, Ini Faktanya

Okezone
 Okezone - Sun, 31 May 2020 02:46
 Dilihat: 491
Heboh Reksa Dana Sinarmas vs Bibit Tumbuh, Ini Faktanya

JAKARTA - Beredar kabar dibekukannya reksa dana milik Sinarmas Asset Management oleh PT Bibit Tumbuh Bersama. Hal ini membuat Sinarmas menunjuk pengacara kondang Hotman Paris sebagai kuasa hukumnya.

Sebenarnya apa yang terjadi sampai Dirut Bibit dicopot dari jabatannya? Berikut adalah fakta mengenai perseteruan antara Sinarmas dan Bibit Tumbuh yang dirangkum Okezone:

1. Somasi dari Hotman

Hotman Paris menjadi kuasa hukum Sinarmas untuk meluruskan permasalahan terkait kabar dibekukannya reksa dana milik Sinarmas Asset Management oleh PT Bibit Tumbuh Bersama.

Hotman melayangkan somasi terbuka kepada agen penjual reksa dana (Aperd) yang diduga menyebarkan informasi yang menyesatkan investor.

"Hore Reksa Dana SinarMas berjaya! Sesudah somasi terbuka dari Hotman Paris (kuasa hukum Sinar Mas) akhirnya agen penjual minta maaf krn pernyataan agen penjual tidak sesuai keputusan OJK! Sinar Mas berjaya dalam Financial Services," tulis Hotman.

2. Bibit Meminta Maaf

Bibit telah melakukan permintaan maaf kepada Sinarmas Asset Management, klarifikasi kepada investors serta barbagai pihak terkait, dan menerbitkan surat permintaan maaf tertulis secara terbuka pada 27 Mei 2020.

Sesuai dengan sistem S-INVEST tanggal 28 Mei 2020, nasabah sudah dapat kembali melakukan transaksi transaksi subscription dan switching atas produk Reksadana Sinarmas Asset Management seperti sebelumnya.

Saran yang diberikan tentang menjua (redemption) produk reksa dana Sinarmas Asset Management pada 26 Mei 2020, tidak tepat. Suspensi OJK tersebut hanya bersifat sementara terhadap pembelian baru.

"Kami menyadari kesalahan kami atas hal tersebut dan segera melakukan permintaan maaf dan klarifikasi secara terbuka. Kami tekankan bahwa kami tidak pernah meragukan reputasi, kemampuan, dan kekuatan Sinarmas Asset Management," kata Sigit.

Sumber: Okezone