Fakta Kilatan Cahaya Misterius yang Menghebohkan Warga AS

Okezone
 Okezone - Sun, 26 Mar 2023 20:04
 Dilihat: 136
Fakta Kilatan Cahaya Misterius yang Menghebohkan Warga AS

AMERIKA - Garis cahaya misterius di langit wilayah Sacramento, California, Amerika Serikat mengejutkan para pengunjung perayaan Hari Santo Patrick pada Jumat (17/3) malam. Hal ini membuat pengunjung merekam kejadian tersebut dan menyebarkannya melalui sosial media. Jaime Hernandez berhasil mengabadikan cahaya yang bersinar tersebut selama 40 detik.

"Kami terkejut, tapi juga takjub karena bisa menyaksikan cahaya itu" kata Hernandez melalui surel, seperti dikutip oleh the Associated Press.

"Kami belum pernah menyaksikan cahaya seperti itu" lanjutnya.

Pemilik perusahaan bir kemudian mengirimkan video tersebut ke akun instagramnya dan menanyakan apakah ada yang bisa menjelaskan fenomena tersebut. Setelah video tersebut dikirim, pakar astronomi, Jonathan McDowell memberikan responnya.

Ternyata faktanya adalah cahaya tersebut merupakan sisa benda ruang angkasa yang terbakar. Hal ini disampaikan langsung oleh Jonathan McDowell. Ia juga menambahkan bahwa cahaya ini berasal dari peralatan komunikasi Jepang yang mengirimkan informasi dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional ke satelit komunikasi kemudian ke bumi. Peralatan itu pun menjadi usang ketika satelit tersebut diberhentikan pada 2017.

Bagian-bagian kecil peralatan yang telah usang tersebut bisa terbakar jika memasuki bumi. Terbakarnya benda tersebut menimbulkan efek cahaya yang terlihat di langit.

Atas kejadian tersebut, Angkatan Ruang Angkasa Amerika Serikat membenarkan jalur Sistem Komunikasi Antar Orbit kembali ke bumi di atas California dan waktunya sama dengan cahaya yang dilihat warga di langit.

Sumber: Okezone