Viral Video Pengantin Disembur Asap Rokok, Netizen: Spray Kearifan Lokal!

Okezone
 Okezone - Tue, 11 Jun 2019 05:02
 Viewed: 520
Viral Video Pengantin Disembur Asap Rokok, Netizen: Spray Kearifan Lokal!

MENJADI hal yang lumrah terjadi ketika kita bicara keunikan setiap daerah bangsa ini. Perbedaan itu juga yang membuat Indonesia kaya, termasuk masalah riasan pengantin.

Salah satu yang paling terkenal adalah paes ageng. Riasan pengantin khas perempuan Jawa ini dianggap sebagai bagian penting dalam pernikahan seseorang. Bukan sekadar riasan, paes ageng punya makna tersendiri dalam rangkaian pernikahan adat Jawa.

Berdasarkan beberapa literasi, paes berasal dari Yogyakarta. Makna dari riasan tradisional ini ialah untuk membersihkan jiwa dan menguatkan batin, agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan terhindar dari petaka.

Banyak orang juga percaya kalau penggunaan riasan paes pada pengantin perempuan akan memberi aura berbeda, biasanya akan terlihat lebih ayu dan bercahaya.

Tehnik pengaplikasiannya pun nggak sembarangan. Perlu keahlian khusus untuk bisa menggoreskan setiap riasan di wajah sang pengantin. Tapi, baru-baru ini muncul video viral di mana make-up pengantin melakukan hal unik di riasan paes ageng.

Dalam video yang dibagikan akun Twitter @BangPino_ terlihat di sana si make-up artist telah selesai merias wajah pengantin perempuan. Sebagai pelengkap, dia tiba-tiba membakar rokok dan menyemburkan asapnya ke wajah si pengantin.

Tidak diketahui pasti berapa kali semburannya, yang jelas asap tersebut langsung diarahkan ke wajah dan ini yang membuat media sosial gaduh. Apa maknanya?

Pengirim video pun mempertanyakan hal tersebut di captionnya; Kenapa harus disembur pakai asap gitu seh? Asapnya banyak banget pula. Video pengantin disembur asap rokok ini pun viral dan hingga berita ini dimuat di Okezone, sudah 847 ribu kali disaksikan netizen dengan 1,8 ribu retweetan dan 2,1 yang suka.

Source: Okezone