Viral Bianglala dengan Kearifan Lokal, Mau Coba?

Okezone
 Okezone - Sat, 13 Jul 2019 09:30
 Viewed: 601
Viral Bianglala dengan Kearifan Lokal, Mau Coba?

BIANGLALA yang biasanya kita ketahui berbentuk besar seperti lingkaran raksasa dengan ketinggian yang bervariasi. Namun jauh sebelum ada bianglala modern, di Indonesia sudah ada lebih dulu bianglala dengan kearifan lokal yang baru-baru ini viral di media sosial.

Jika biasanya bianglala terbuat dari besi, namun bianglala tradisional justru terbuat dari balok-balok kayu yang disusun dengan kokoh. Permainan yang viral ini pun tak memerlukan generator untuk memutarkannya melainkan hanya dengan bantuan tenaga manusia. Namun sebenarnnya masyarakat di Desa Tenganan, Bali menyebut permainan ini sebagai ayunan.

Seperti yang terlihat dalam sebuah video singkat yang diunggah ke akun media sosial, Instagram. Beberapa pasak kayu dihubungkan hingga membentuk banyak tempat duduk bagi para penggunanya, terdapat dua buah kayu penyangga untuk menahan beban bianglala tradisional ini.

Untuk memainkan bianglala yang viral ini, terdapat dua orang pria yang siap berjaga untuk menarik dan menginjak balok kayu supaya dapat berputar. Jangan dikira tak menyeramkan ya, meskipun diputar hanya dengan menggunakan tenaga manusia, namun putaran dari bianglala ini terlihat cukup kencang.

Source: Okezone