Viral! Suku Pedalaman Keluar Hutan Halmahera Datangi Pekerja Tambang

Okezone
 Okezone - Mon, 27 May 2024 05:21
 Viewed: 84

JAKARTA - Beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan penjaga hutan bersama dua putrinya dari suku Togutil di Halmahera Timur, Maluku Utara. Kejadian ini menarik perhatian publik, karena mereka menerima sambutan hangat dari pekerja proyek di sana.

Momen langka yang menampilkan video penjaga hutan Togutil yang berinteraksi dengan pekerja proyek sekitar hutan Halmahera, menciptakan sebuah pertanyaan bagi masyarakat. Pasalnya kejadian tersebut jarang terjadi, mengingat suku Togutil sendiri dikenal sebagai suku yang hidup terpencil dan terisolasi dari dunia luar.

Video yang diunggah oleh akun @Mancing041 di TikTok menjadi sorotan publik dan viral di berbagai platform media sosial, setelah menampilkan momen di mana seorang pria dari suku Togutil bersama dua putrinya mendekati pekerja proyek. Berbeda dengan antisipasi awal yang takut kepada mereka, para pekerja proyek justru menyambut mereka dengan ramah dan mengundang mereka masuk ke tenda untuk memberikan makanan.

Unggahan tersebut dipenuhi dengan beragam komentar dari netizen. Sorotan utama dari netizen adalah rasa simpati mereka terhadap suku Togutil yang terpaksa mengungsi karena pendatang mengusir mereka dari tempat tinggalnya.

"Demi kepentingan, kalian tidak mementingkan suku yang udah lama tinggal di dalam hutan," tulis @rembojati.

"Hutan Halmahera di babat habis," tulis @rivosioyen.

"Kasian mereka ingin hidup damai dengan lingkungannya kenapa malah dirusak," tulis @ratnathea12.

Source: Okezone