Viral Video Suku Pedalaman Pulau Halmahera Hadang Buldozer Tambang Nikel

Okezone
 Okezone - Mon, 06 Nov 2023 05:02
 Viewed: 112

JAKARTA - Viral video rekaman dua orang suku Hongana Manyawa yang hidup di pedalaman hutan Pulau Halmahera, Maluku Utara berusaha mengusir buldozer proyek pertambangan nikel di hutan tersebut. Anggota suku tesebut memilih tinggal di dalam hutan dan menjaga kelestarian alam.

Video viral tersebut diunggah Survival International di situs resminya. Dalam video terlihat dua orang anggota suku Hongana Manyawa yang bertelanjang dada membawa tombak dan senjata sejenis parang. Keduanya berusaha mengusir para pekerja dan buldozer pertambangan tersebut.

BACA JUGA:

Mengutip situs tersebut, diperkirakan 300 hingga 500 orang Hongana Manyawa tinggal di pedalaman hutan di Pulau Halmahera. Sebagian besar wilayah mereka kini telah dialokasikan untuk perusahaan pertambangan, dan di beberapa daerah, ekskavator sudah mulai bekerja.

Proyek ini merupakan bagian dari rencana Indonesia untuk menjadi produsen utama baterai mobil listrik, melalui penambangan dan peleburan nikel dan mineral lainnya.

BACA JUGA:

Suku Hongana Manyawa berarti 'Penduduk Hutan' adalah salah satu suku pemburu dan pengumpul nomaden terakhir di Indonesia, dan banyak di antara mereka yang belum pernah dihubungi.

Source: Okezone