Viral Jadi Peternakan Tikus di Google Maps, Ternyata Ini Sejarah Gedung DPR Karya Soejoedi Wirjoatmodjo

Okezone
 Okezone - Wed, 05 Jul 2023 01:01
 Viewed: 176

JAKARTA - Gedung DPR RI yang viral dinamakan sebagai "peternakan tikus" di Aplikasi Google Maps. Di Twitter, terdapat tangkapan layar Goggle Maps terkait perubahan nama Gedung DPR RI seperti "Gedung Tikus Turu," "Tikus DPR RI," hingga "Istana Tikus Berdasi."

Gedung DPR didirikan pada tanggal 8 Maret 1965 melalui Surat Keputusan Presiden RI Nomor 48/1965. Berawal dari gagasan Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno untuk menyelenggarakan CONEFO (Conference of the New Emerging Forces).

Arsitektur gedung merupakan hasil rancangan karya Soejoedi Wirjoatmodjo, Dpl.Ing. yang ditetapkan dan disahkan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 22 Februari 1965.

Namun, nama tersebut sudah kembali normal sejak kemarin sore. Hanya saja, terdapat satu gedung yang masih dinamakan "Peternakan Tikus."

Pembangunan sempat terhambat karena adanya peristiwa G 30 S PKI dan dilanjutkan kembali berdasarkan Surat Keputusan Presidium Kabinet Ampera Nomor 79/U/Kep/11/1966 tanggal 9 Nopember 1966 yang peruntukannya diubah menjadi Gedung MPR/DPR RI.

Source: Okezone