Viral Gedung DPR Diberi Nama Peternakan Tikus di Google Map, Apa Kata Legislator?

Okezone
 Okezone - Mon, 03 Jul 2023 09:55
 Viewed: 128
Viral Gedung DPR Diberi Nama Peternakan Tikus di Google Map, Apa Kata Legislator?

JAKARTA - Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dinamakan sebagai "sarang tikus" di Aplikasi Google Maps. Penamaan itu, membuat geger dunia maya.

Di Twitter, terdapat tangkapan layar Goggle Maps terkait perubahan nama Gedung DPR RI seperti "Gedung Tikus Turu," "Tikus DPR RI," hingga "Istana Tikus Berdasi."

Dari penelusuran MPI di Google Maps Senin (3/7/2023) pukul 15.30 WIB, nama Gedung DPR telah kembali normal. Hanya saja, terdapat satu gedung yang masih dinamakan "Peternakan Tikus."

Merespon itu, anggota DPR RI Fraksi PPP Arsul Sani merasa, perubahan nama itu bukan hal yang luar biasa di negara demokraai. Menurutnya, perubahan nama itu dianggap sebagai "kenakalan demokrasi."

"Di negara demokrasi ekspresi seperti itu kan, bukan hal yang luar biasa. Dianggap sebagai bagian dari 'kenakalan alam demokrasi.' Karena itu kalau buat saya ekspresi-ekspresi tidak usah direspon dengan kemarahan," ucap Arsul saat dihubungi, Senin (3/7/2023).

Arsul memganggap, fenomena perubahan nama Gedung DPR RI itu bagian dari ekspresi dari alam demokrasi. Menurutnya, ekspresi kekecewaan terhadap lembaga parlemen bukan hanya terjadi Indonesia, melainkan banyak terjadi di negara demokrasi lainnya.

"Itu kita namai saja sebagai 'democrazy.' Bagi yang diparlemen itu seperti kami, yang penting apakah kemudian mayoritas rakyat kita yang menjadi pemilih itu masih mau berpartisipasi dan memilih kembali atau tidak," terang Arsul.

"Kalau mayoritas pemilih kita masih gunakan hak pilih dan masih memilih mereka atau partainya yang sudahh ada di parlemen, ya maka ekpresi seperti itu hanya ketidakpuasaan sesaat sekelompok orang saja yang suka ribut kebablasan," tandas Wakil Ketua MPR RI ini.

Source: Okezone