Viral Detik-Detik Fotografer Cantik Kabur dari Afghanistan: Selamat Tinggal Ibu Pertiwi...

Okezone
 Okezone - Mon, 30 Aug 2021 05:01
 Viewed: 202
Viral Detik-Detik Fotografer Cantik Kabur dari Afghanistan: Selamat Tinggal Ibu Pertiwi...

PEMBUAT film dan fotografer Afghanistan Roya Heydari melarikan diri dari tanah airnya dengan keputusasaan dan dilema yang dihadapi ribuan wanita di negara yang dikuasai Taliban hari ini.

Ia pun memposting kisahnya di sosial media yang kemudian menjadi viral. "Saya meninggalkan seluruh hidup saya, rumah saya untuk terus memiliki suara," tulis pembuat film itu, menggarisbawahi masalah hak dan keamanan perempuan di bawah rezim Taliban.

Melansir NDTV, ketika berkuasa antara tahun 1996 dan 2001, Taliban telah melarang perempuan bekerja, dilarang keluar rumah tanpa ditemani saudara laki-laki, dan memaksa mereka untuk mengenakan burqa yang menutupi seluruh tubuh di depan umum.

Kali ini, kelompok tersebut mencoba menampilkan citra yang lebih moderat, mengklaim bahwa perempuan akan memiliki hak, termasuk atas pendidikan dan pekerjaan. Akan tetapi, perempuan di negara tersebut khawatir sikap tersebut tidak akan bertahan lama.

Sudah ada laporan tentang seorang jurnalis wanita Afghanistan yang dilarang bekerja setelah Taliban kembali berkuasa. Seorang juru bicara Taliban mengatakan, perempuan tidak boleh pergi bekerja untuk keselamatan mereka sendiri, merusak upaya kelompok untuk meyakinkan pengamat internasional bahwa kelompok itu akan lebih toleran terhadap perempuan daripada ketika mereka terakhir berkuasa.

Baca Juga : Cerita di Balik Sneakers Putih Pasukan Taliban saat Berperang

Dalam postingan di Twitter-nya, Heydari berbagi foto dari bandara Kabul, yang merupakan satu-satunya jalan untuk keluar dari negara itu.

"Sekali lagi, saya lari dari tanah air saya. Sekali lagi, saya akan mulai dari nol," tulisnya.

Wartawan foto itu mengatakan dia hanya membawa kameranya dan "jiwa yang mati" saat dia melarikan diri dari tanah airnya. Dia mengakhiri postingannya dengan berat hati.

"Saya hanya membawa kamera dan jiwa yang mati bersama saya melintasi lautan. Dengan berat hati, selamat tinggal ibu pertiwi. Sampai kita bertemu lagi," ungkapnya.

Source: Okezone