Viral Desain Garuda Istana Negara, 5 Asosiasi Arsitek Beri Rekomendasi

Okezone
 Okezone - Tue, 30 Mar 2021 10:11
 Viewed: 371
Viral Desain Garuda Istana Negara, 5 Asosiasi Arsitek Beri Rekomendasi

JAKARTA - Visual Istana Negara dengan desain Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur ramai diperbincangkan di media sosial.

Menanggapi hal itu, lima asosiasi arsitek memberi rekomendasikan terhadap rencana, rancangan dan gambar ilustrasi ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur. Lima asosiasi yakni Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Green Building Council Indonesia (GBCI), Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI), Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI), dan Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota (IAP).

Baca Juga: Istana Presiden di Ibu Kota Baru Mulai Dibangun, Ekonomi RI Bergerak

"Oleh karena itu kami merekomendasikan bahwa, Istana versi burung Garuda disesuaikan menjadi monumen atau tugu yang menjadi tengaran (landmark) pada posisi strategis tertentu di Kawasan Inti Pusat

Pemerintahan (KIPP) dan dilepaskan dari fungsi bangunan istana," dikutip keterangan tertulis yang diterima MNC Portal Indonesia, Selasa (30/3/2021).

Baca Juga: Viral Desain Garuda Istana Negara di Ibu Kota Baru, Netizen: Mending Buat Bayar Utang

Kemudian mengusulkan desain bangunan gedung istana agar disayembarakan dengan prinsip dan ketentuan desain yang sudah disepakati dalam hal perancangan kawasan maupun tata ruangnya termasuk target menjadi model bangunan sehat beremisi nol.

"Terkait kepentingan awal pembangunan IKN, memulai pembangunan tidak harus melalui bangunan gedung, tetapi dapat melalui TUGU NOL yang dapat ditandai dengan membangun kembali lanskap hutan hujan tropis seperti penanaman," tanbahnya

Source: Okezone