Tim Pemakaman Jenazah Covid-19 Dipukul Keluarga Pasien, Videonya Jadi Viral

Okezone
 Okezone - Fri, 29 Jan 2021 04:14
 Viewed: 19
Tim Pemakaman Jenazah Covid-19 Dipukul Keluarga Pasien, Videonya Jadi Viral

MALANG - Seorang anggota pemakaman jenazah Covid-19 di Kota Malang dipukul oleh pihak keluarga pasien. Peristiwa ini terjadi lantaran pihak keluarga tak terima jenazah yang diterimanya ternyata tertukar dan bukan anggota keluarganya.

Insiden pemukulan tersebut pun terekam video dari kamera ponsel warga yang akhirnya viral beredar melalui pesan berantai. Ada dua video yang diterima dari rekaman ponsel warga. Di video berdurasi 28 detik tampak seseorang yang diduga anggota keluarga korban emosi kepada tim pemakaman jenazah Covid-19 dari PSC 119 Kota Malang.

Sementara di video kedua berdurasi 1 menit 58 detik tampak ada seseorang yang tergeletak di depan mobil ambulan, yang diduga merupakan korban pemukulan dari salah seorang anggota keluarga korban.

Koordinator PSC Kota Malang Dhana Setiawan membenarkan kejadian pemukulan yang dialami salah satu anggota PSC Kota Malang bernama Alfa pada Kamis sore (28/1/2021) kemarin. Saat itu tim akan memakamkan jenazah pasien Covid-19 berinisial W di TPU Kasin.

Menurutnya, saat di ruang forensik RSUD Saiful Anwar awalnya pihak keluarga ingin segera mungkin jenazah berinisial W ini dimakamkan lantaran proses pemulasaran telah selesai. Namun karena tim pemakaman masih memakamkan tiga jenazah secara bergantian, pihak keluarga diduga emosi dan tak terima.

"Sama anak-anak itu (jenazah) enggak dicek karena sudah kepancing sebelumnya, akhirnya yang dituding (jenazah) itu, akhirnya sama keluarga dibawa dengan ambulan, tanpa mengecek, kan manusiawi mas, karena kecapekan (kelelahan) karena titik jenuh yang sudah memuncak manusiawi sekali, yang dipermasalahkan pidananya adanya pemukulan," tutur, saat dihubungi okezone, pada Jumat pagi (29/1/2021).

Pemukulan sendiri disebut Dhana terjadi di TPU Kasin, dimana pihak keluarga almarhum pasien Covid-19 ini telah menunggu. Saat jenazah akan diturunkan di liang lahat ternyata diketahui jenazah yang dimaksud bukan berinisial W sebagaimana anggota keluarganya, melainkan jenazah berinisial S.

Baca Juga : Viral Video Napi Pesta Sabu, Ini Penjelasan Karutan Salemba

"Jadi jenazahnya itu sama - sama pasien Covid-19. Dia dipukul di bagian kepala dengan tangan kosong, tapi memang kejadiannya cepat sekali saat itu. Pelakunya yang jelas dua orang dari keluarga korban semuanya. Tadi malam sudah laporannya ke kepolisian," imbuhnya.

Kini kondisi anggota PSC Kota Malang bernama Alfa disebut Dhana, masih menjalani perawatan di rumah sakit Panti Waluya Sawahan Kota Malang. "Saat ini masih di RKZ (RS Panti Waluya Sawahan Malang) untuk opname, ada benjolan di kepala khawatirnya gegar otak ringan, tapi ini masih diobservasi," tandasnya.

Source: Okezone