Kera Bekantan Kelaparan Masuk Permukiman, Bikin Heboh Warga

Okezone
 Okezone - Sun, 16 Aug 2020 14:01
 Viewed: 520
Kera Bekantan Kelaparan Masuk Permukiman, Bikin Heboh Warga

PALANGKARAYA - Diduga kelaparan, Seekor Bekantan atau kera khas kalimantan yang memiliki ekor dan hidung panjang masuk ke pemukiman warga di Palangkaraya-Kalimantan Tengah, Minggu (16/8/2020) siang.

Warga kesulitan menangkap hewan langka dilindungi tersebut karena liar, cukup gesit dan lincah berpindah-pindah tempat.

Warga bersama Relawan Emergency Responce Palangkaraya dan petugas kepolisian berusaha menangkap seekor bekantan yang masuk ke pemukiman di Jalan Madang Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Meskipun telah berusaha mengepungnya menggunakan jaring, namun warga dan petugas tak berhasil menangkap bekantan yang naik dan bersembunyi di atas pohon kelapa.

Menurut Asindai warga setempat, bekantan tersebut pertama kali diketahui masuk ke pemukiman saat dirinta tengah menjemur pakaian dan awalnya mengira orangutan, tak lama kemudian bekantan kabur dari belakang rumahnya.

Sekitar tiga jam kemudian, petugas dari Balai konservasi Sumber Daya Alam bersama Yayasan Bos Foundation datang ke lokasi untuk menangkap bekantan dengan menembaknya menggunakan obat bius dan langsung dievakuasi petugas menggunakan APD lengkap untuk menjaga hal yang tak diinginkan.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Kalimantan Tengah Nandang Hermawan mengatakan, setelah diperiksa oleh dokter hewan Yayasan Bosf, Bekantan tersebut berjenis kelamin jantan berumur sekitar enam hingga tujuh tahun dan memiliki bobot sekitar dua puluhan kilogram. Dia masuk ke pemukiman diduga karena kelaparan dan mencari makanannya karena di alamnya kehabisan makanan.

Selanjutnya, Bekantan tersebut kemudian dibawa ke kawasan konservasi yang lebih layak untuk dilakukan translokasi tegasnya.

Source: Okezone