Heboh Pusaran Angin Tornado Berbahaya Muncul di Bulukumba

Okezone
 Okezone - Thu, 05 Nov 2020 03:06
 Viewed: 225
Heboh Pusaran Angin Tornado Berbahaya Muncul di Bulukumba

BULUKUMBA - Fenomena pusaran angin tornado yang menjulang tinggi menghebohkan warga di Pantai Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Dalam video amatir warga, terekam detik-detik kemunculan pusaran angin tornado yang menjulang tinggi. Sejumlah warga yang berada di bibir pantai panik dan belarian untuk menyelamatkan diri.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyebut angin berkecepatan tinggi tersebut dengan topan atau puting beliung. Pusaran angin tersebut berbahaya dan hampir terjadi setiap tahunnya saat Sulawesi Selatan ketika memasuki musim hujan.

Kasubdit Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar Siswanto menjelaskan, muculnya angin tersebut karena konvektif angin di wilayah Sulsel bagian timur khususnya Kabupaten Bulukumba dan Selayar cukup kuat. Kemudian ditambah tekanan dan arah angin yang berubah-ubah.

Hal ini sekaligus menandakan beberapa wilayah di Sulawesi Selatan. khususnya Maros, Barru, Bone, Luwu, Luwu Utara, Enrekang dan Kota Makassar akan memasuki puncak musim penghujan dengan intensitas hujan curah tinggi dibanding tahun sebelumnya.

Kondisi serupa juga akan terjadi di wilayah bagian timur meliputi Kabupaten Gowa, Jeneponto, Banteng, Bulukumba dan Kepulauan Selayar.

"Warga yang berada di wilayah tersebut diimbau tetap berhati-hati saat beraktifitas di luar rumah. Curah hujan tinggi disertai angin kencang diprediksi terjadi hingga akhir Desember mendatang," papar Siswanto, Kamis (5/11/2020).

Source: Okezone