Heboh KKN di Desa Penari, Ini Tarian Seblang Banyuwangi yang Mistis

Okezone
 Okezone - Mon, 02 Sep 2019 12:01
 Viewed: 508
Heboh KKN di Desa Penari, Ini Tarian Seblang Banyuwangi yang Mistis

Belum lama ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan sebuah tread horor di Twitter yang berjudul 'KKN di Desa Penari'. Alhasil cerita ini pun dengan cepat merebak dan menjadi perbincangan para masyarakat se-Indonesia.

Banyak yang penasaran dengan lokasi KKN di Desa Penari tersebut, karena orang yang menceritakan kisah tersebut sama sekali tidak menyebutkan nama daerah tempat ia KKN.

Namun, berdasarkan beberapa clue yang diperoleh seperti terletak di paling timur Pulau Jawa dan iringan gending gamelan Jawa, maka banyak yang menganggap salah satu tempat yang paling tepat menggambarkan fenomena ini adalah Banyuwangi. Ada sebuah tarian khas Banyuwangi yang berbau mistis seperti Tari Seblang, mungkinkan tarian ini yang dimaksud?

(Foto: Banyuwangi Ethnic/Youtube)

Melansir dari situs resmi pariwisata Jawa Timur, Senin (2/9/2019), Tari Seblang adalah sebuah ritual tradisional khas suku Osing. Ritual ini lebih menyerupai gerak tari-tarian yang berfungsi untuk mengucap syukur dan tolak bala agar desa tetap aman dan tentram.

Namun, bagi Anda yang ingin melihat Tari Seblang tidak bisa sekadar berkunjung ke Banyuwangi. Pasalnya, ritual ini hanya bisa dijumpai di dua desa yang berada di Banyuwangi. Desa tersebut adalah desa Bakungan dan Olihsari yang masik dalam kecamatan Glagah.

Ritual ini pun tidak dilaksanakan secara terus-menerus. Terdapat perbedaan antara kedua desa ini dalam melakukan ritual Seblang. Masyarakat Olihsari biasanya melakukan ritual tradisional ini satu minggu setelah Idul Fitri. Sementara masyarakat Bakungan kerap melakukan ritual ini seminggu setelah Idul Adha.

Source: Okezone