Heboh, Emas 30 Kg Diselundupkan ke India dalam Bagasi

Okezone
 Okezone - Fri, 10 Jul 2020 11:28
 Viewed: 142
Heboh, Emas 30 Kg Diselundupkan ke India dalam Bagasi

JAKARTA - Emas seberat 30 kg ditemukan diselundupkan dalam bagasi diplomatik. Petugas bea cukai bandara internasional Kerala di India selatan menemukan lebih dari 30 kg emas yang disembunyikan dalam paket peralatan kamar mandi.

Paket emas itu ditujukan untuk konsulat Uni Emirat Arab (UEA) di Thiruvananthapuram. UEA telah membantah mengetahui tentang paket itu dan mengatakan seorang mantan karyawan lokal telah ditangkap. Laporan media setempat menunjukkan orang lain juga telah ditahan.

Dalam sebuah pernyataan di Twitter, Kedutaan UEA di ibu kota India Delhi mengatakan investigasi diluncurkan setelah temuan itu. "Pihak berwenang [UEA] menekankan bahwa para pelaku yang tak hanya melakukan kejahatan besar, tapi juga berusaha untuk menodai reputasi misi UEA di India," kata kedutaan dilansir dari BBC, Jumat (10/7/2020).

Baca juga: Harga Emas Dunia Melemah Imbas Investor 'Lari' ke Dolar AS

"Kami tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan pihak berwenang India dalam mencari akar kejahatan ini."

Duta besar UEA untuk India mengatakan kepada surat kabar Gulf News bahwa mantan pekerja di konsulat telah diberhentikan beberapa bulan lalu "karena tidak melakukan tugasnya".

Salah-seorang pejabat terkait Kerala menghadapi seruan dari kelompok oposisi untuk mengundurkan diri atas kasus ini, meskipun dia membantah terlibat. Namun, seorang pejabat senior di negara bagian itu telah dipecat dari jabatannya.

Baca juga: Harga Emas Antam Tak Bergerak, Bertahan di Rp934.000/Gram

Menurut laporan kantor berita Reuters, berkurangnya penerbangan internasioal selama pandemi telah mengakibatkan penurunan jumlah penyelundupan emas ke India, demikian halnya dengan kenaikan harga emas.

Somasundaram P.R., kepala operasi Dewan Emas Dunia India mengatakan kepada Reuters: "Penyelundupan dapat diperkirakan turun secara substansial dalam skenario saat ini. Logistik penyelundupan juga sangat terdampak selama lockdown." Dia berharap volume emas yang diselundupkan tahun ini turun secara signifikan sekitar 115 - 120 ton di bawah volume emas yang diselundupkan ke India pada 2019.

Source: Okezone