Heboh, Dua Pasien Positif Covid-19 di Ogan Ilir Keluar Rumah Sakit

Okezone
 Okezone - Wed, 20 May 2020 00:59
 Viewed: 384
Heboh, Dua Pasien Positif Covid-19 di Ogan Ilir Keluar Rumah Sakit

OGAN ILIR - Dua pasien positif virus corona (Covid-19) di Kabupaten Ogan Ilir (OI) keluar dari rumah sakit. Perbuatan dua pasien ini terekam kamera warga yang sedang melintas, videonya beredar dan viral di media sosial (medsos) hingga membuat heboh.

Diketahui kedua pasien tersebut nampak seperti warga biasa yang tengah bersantai di kawasan komplek KPT Tanjung Senai. Namun yang membuat terkejut adalah perkataan orang yang merekam video itu yang sedang berada di dalam mobil.

"Nah pasien Covid kabur dua ikok (orang). Keluar dio," ujar suara tersebut.

Direktur RSUD Ogan Ilir dr. Roretta Arta Guna Riama membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan pasien itu sempat keluar dari RSUD Ogan Ilir pada Senin (18/5/2020) kemarin.

"Mereka pasien secara fisik sehat tapi positif (terkonfirmasi COVID-19). Kalau orang sehat fisik seperti itu memang tidak mau diperlakukan seperti orang sakit, tapi kita yang dibikin sibuk," ujarnya.

Dijelaskan juga segera setelah itu mereka langsung digiring kembali ke RSUD Ogan Ilir untuk diisolasi. Ia menambahkan, ruang untuk isolasi itu memang tidak dikunci karena alasan kemanusiaan.

"Memang tidak ada ruangan yang berkunci, rasanya kita tidak manusiawi. Tapi kami arahkan lagi mereka bermobil," tambahnya.

Ia menuturkan pasien terkonfirmasi positif tersebut berasal dari Kecamatan Pemulutan, Ogan Ilir. Supaya tidak terjadi lagi hal yang tak diinginkan, pihaknya mengusulkan untuk menambah satu posko Gugus Tugas COVID-19 di Ogan Ilir.

"Rencananya akan kita dirikan di halaman RSUD Ogan Ilir, mudah-mudahan besok selesai," ungkapnya.

Saat ini pasien terkonfirmasi positif yang berada di Kabupaten Ogan Ilir ada tiga orang. Sedangkan sisanya ada yang sudah dikirim ke Wisma Atlet Palembang dan ada juga yang diisolasi mandiri di rumah masing-masing.

Baca Juga: Perempuan Berusia 70 Tahun di Ogan Ilir Berhasil Sembuh dari Covid-19

"Awalnya ada 10 orang yang diisolasi mandiri di desanya karena mereka masih keluarga besar. Sudah kita beri obat, cek kesehatan, laboratorium dan lain-lain serta petugas akan memantaunya terus," jelasnya.

Sedangkan menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Ogan Ilir Wahyudi Wibowo, video itu benar adalah pasien yang terpapar positif COVID-19 yang dirawat di RSUD OI.

''Saat ini memang masih ada tiga pasien yang dirawat di RSUD OI dan salah satunya yang sempat berkeliaran alias keluar dari RSUD di KPT Tanjung Senai, seperti di video itu,'' jelasnya.

Baca Jua: Sempat Acungkan Arit, Satu Keluarga Pasien Positif Covid-19 di Ogan Ilir Menolak Dievakuasi

Pasien tersebut keluar akibat kurangnya pemahaman pasien terhadap bahaya virus corona. "Pasien ini merupakan OTG (orang tanpa gejala), hasil tracking dan dilanjutkan dengan tes swab dia terkonfirmasi positif dan harus dirawat di RSUD,'' jelasnya.

Source: Okezone