Viral Pasien Covid-19 Ngaku Terpaksa Bersihkan Ruang Isolasi, Ini Penjelasan Rumah Sakit

Okezone
 Okezone - Sun, 27 Sep 2020 09:14
 Viewed: 73
Viral Pasien Covid-19 Ngaku Terpaksa Bersihkan Ruang Isolasi, Ini Penjelasan Rumah Sakit

SORONG - Oktovina Tonapa seorang tenaga medis di bagian Laboratorium di RSUD Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, terkonfirmasi Covid-19.

Ia membuat video tentang penanganan yang dinilai kurang maksimal terhadap dirinya serta pasien positif Covid-19 lainnya. Kemudian video itu viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 4 menit 30 detik itu, Oktovina Tonapa mengatakan dirinya adalah seorang tenaga medis pada bagian laboratorium, bersama suami dan anaknya terpapar Covid-19 dan sudah di rawat sejak empat hari lalu.

Namun hingga saat ini dia bersama lainnya belum mendapat layanan kesehatan maksimal sehingga dirinya meminta bantuan kepada bupati dan sekda Raja Ampat.

Dalam curahat hatinya, Oktovina mengatakan selama dalam perawatan, kesehatan dirinya dan pasien lain belum diperiksa oleh dokter setempat.

Tak hanya itu, ia juga mengaku harus membersihkan kamar perawatan saat masuk di ruang karantina RSUD Waisai.

"Selamat siang bapak sekda, bapak bupati dan seluruh tim Satgas Covid, saya Oktovina Tonapa, saya tim medis dari rumah sakit RSUD Raja Ampat, saya bagian laboratorium, saya terkonfirmasi Covid, dan saya masuk ke sini sejak empat hari lalu. Kami pertama masuk, kondisi kami keadaannya sangat menderita pak," ujarnya dalam video itu.

"Pertama kami masuk, kami harus membersihkan ruangan, kami harus membersihkan tempat tidur, bersihkan semuanya, dan kami juga tidak dapat dikunjungi dokter. Dokter satupun tidak ada yang mengunjungi kami," tambah Oktovina.

Dalam video itu Oktovina Tonapa menggambarkan kondisi terkini 12 pasien yang dirawat di ruang isolasi RSUD Waisai. Di dalam runagan isolasi itu, ada 121 pasien termasuk lima balita yang saat ini sangat butuh perhatian dan penanganan khusus.

Menurut Oktovina, seluruh pasien tidak pernah diperhatikan oleh dokter di rumah sakit tersebut. Contohnya asupan vitamin bagi pasien tak pernah diberikan, walau jatah makanan yang diberikan cukup baik.

Baca Juga: Viral! Tolak Pemulasaran Jenazah Sesuai Protokol Covid-19, Warga Tangerang Mengamuk di Rumah Sakit

Source: Okezone