Diplomasi Batik ala Iriana di KTT G20 Jokowi Sukses Bikin Netizen Gagal Fokus

Okezone
 Okezone - Mon, 01 Jul 2019 01:25
 Viewed: 497
Diplomasi Batik ala Iriana di KTT G20 Jokowi Sukses Bikin Netizen Gagal Fokus

Iriana Joko Widodo tampil memukau saat mendampingi Presiden Joko Widodo di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Jepang, 28 Juni 2019 lalu. Ia mengenakan pakaian nasional Indonesia berupa baju kurung berwarna pastel yang dipadukan dengan kain dan selendang batik.

Pilihan busana itu sukses menarik perhatian netizen Indonesia. Bagaimana tidak, Iriana Joko Widodo tampak berbeda dengan para ibu negara lain yang memilih untuk mengenakan summer dress. Ambil contoh saat Iriana mengikuti sesi foto bersama para istri pemimpin G20 di Osaka.

Ia memilih mengenakan baju kurung berwarna oranye, kain, selendang batik, dengan gaya rambut disanggul. Penampilannya itu semakin sempurna dengan penggunaan aksesoris tambahan berupa tas tangan kecil berwarna hitam.

Hasil penelusuran Okezone dari berbagai sumber, motif batik Parang Buketan yang ia kenakan pun tidak sembarangan, tetapi memiliki makna yang tersirat, dan berkaitan dengan filosofis seorang pemimpin.

Penggunaan batik dalam acara kenegaraan sebetulnya sudah sering dilakukan Iriana. Sebagaimana diketahui, pakaian tradisional merupakan salah satu bentuk soft diplomasi yang elegan di kalangan pejabat negara. Terlebih, Presiden Jokowi memang tengah menjadi perhatian dunia pasca putusan MK yang menobatkannya sebagai pemenang sah Pilpres 2019.

Source: Okezone