Deretan Kasus Penipuan Arisan Online Hebohkan Tanah Air

Okezone
 Okezone - Tue, 21 Sep 2021 23:00
 Viewed: 128
Deretan Kasus Penipuan Arisan Online Hebohkan Tanah Air

JAKARTA - Arisan online dengan iming-iming keuntungan ganda memang menarik perhatian masyarakat. Apalagi, arisan ini berlangsung dengan sistem yang sederhana, bahkan ada yang tanpa undian.

Namun, siapa sangka jika arisan online yang ada banyak yang bodong atau abal-abal, sehingga berujung penipuan.

Berikut adalah kasus penipuan arisan online, yang berhasil dihimpun tim Litbang MPI:

1. Makassar, Sulawesi Selatan

Arisan online bodong dilakukan oleh 3 tersangka di Makassar, Sulawesi Selatan sejak Februari 2021. Ketiganya berhasil diringkus polisi pada September 2021

Modus yang dijalankan para tersangka adalah menyelenggarakan arisan online dengan menggunakan jasa selebgram setempat guna menggaet peminat. Alhasil, ada sebanyak 300 peserta yang akhirnya mengikuti arisan abal-abal ini. Setiap peserta menginvestasikan dananya dalam jumlah yang beragam, ada yang mencapai nominal Rp100 juta per orang.

Baca juga: Ratusan Wanita Tertipu Arisan Online, Kerugian Capai Rp2 Miliar

Meskipun awalnya perputaran uang berlangsung lancar, namun lambat laun uang peserta tak kunjung dikembalikan tersangka. Hal itu yang mendorong peserta untuk melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian, lantaran sadar sudah menjadi korban penipuan arisan online.

Para tersangka diancam dengan pasal ganda, yakni UU ITE dan KUHPidana tentang penipuan serta penggelapan pasal 378 dan pasal 372. Ancaman kurungan penjara yang menanti adalah 6 tahun.

Baca juga: Diduga Gelapkan Rp4 M Duit Membernya, Admin Arisan Online Aleghoz Diburu Polisi

Source: Okezone