Alasan Pemprov DKI Tetap Gelar CFD di Tengah Heboh Korona

Okezone
 Okezone - Thu, 05 Mar 2020 23:31
 Viewed: 447
Alasan Pemprov DKI Tetap Gelar CFD di Tengah Heboh Korona

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyetop sementara seluruh izin keramaian di Ibu Kota untuk mengantisipasi penyebaran virus korona baru (Covid-19). Namun demikian kegiatan Car Free Day (CFD) tetap diadakan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan, kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau CFD di kawasan Sudirman-Thamrin berbeda dengan izin keramaian yang disetop sementara tersebut.

"Jadi untuk HBKB itu esensinya berbeda dengan izin keramaian. Terkait izin keramaian yang sifatnya mengumpulkan massa, maka itu yang dilarang. Kalau di CFD, masyarakat beraktivitas untuk olahraga," kata Syafrin kepada wartawan Kamis 5 Maret 2020 kemarin.

Namun kata Syafrin, apabila ada masyarakat yang hendak meminta izin untuk menggelar acara keramaian di CFD seperti mendirikan panggung, pertunjukan musik dan kebudayaan tidak akan diizinkan untuk sementara waktu.

"Itu tidak kita bolehkan. Jadi khusus hanya olahraga saja," ujarnya.

Baca Juga: Antisipasi Virus Korona saat CFD, Suhu Tubuh Warga Bakal Dicek

Sebagaimana diketahui, keputusan penyetopan izin keramaian itu diambil sebagai upaya Pemprov DKI untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Beberapa lokasi seperti taman dan jalur hijau di Jakarta tidak boleh lagi digunakan untuk beberapa keperluan. Di antaranya untuk Shooting Film, Bazar, Perlombaan, Perkemahan, Bedeng Proyek, Material dan sejenisnya.

Selain itu, bangunan di lokasi taman dan jalur hijau dan kebun bibit Dinas Kehutanan juga tidak dibolehkan untuk dipakai sebagai tempat acara. Begitu juga kegiatan keolahragaan dan kepemudaan, serta daftar pertunjukan temporer termasuk konser juga tak diberikan izin lagi untuk sementara.

Sementara itu bagi kegiatan yang sudah mendapatkan izin akan dilakukan evaluasi kembali apakah kegiatan tersebut bisa di setop atau tetap dilanjutkan. "Yang sudah keluar izinnya akan di review kembali," kata Anies.

Source: Okezone