Viral Warga Kalsel Tangkap Macan Dahan yang Nyaris Punah

Okezone
 Okezone - Wed, 18 Aug 2021 05:57
 Dilihat: 249
Viral Warga Kalsel Tangkap Macan Dahan yang Nyaris Punah

KALSEL - Seekor macan dahan tertangkap tengah bertengger di sebuah pohon dan diamankan oleh warga di Desa Banyu Barau Kandangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), sudah tertangkap dan diamankan warga, Senin 16 Agustus 2021, sekira pukul 22.10 Wita.

Peristiwa itu lalu diabadikan dalam video dan tersebar di media sosial usai akun instagram @matafakta mempostingnya, Selasa (17/8/2021) lalu. 37,6 ribu pengguna instagram tercatat telah menontonnya.

"Kemunculan seekor hewan buas bertengger di atas pohon rambutan di sekitar perkampungan warga," tulisnya dalam caption.

Dalam video itu memperlihatkan seekor macan dahan yang tengah berada di balik tralis besi. Ia pun kemudian tampak gagah dengan berjongkok dengan taringnya yang panjang.

Motif bulunya yang bercorak menjadi pemandangan tersendiri binatang yang masuk dalam kategori nyaris punah ini. Ia pun terlihat menjadi daya tarik masyarakat yang kemudian mengelilinginya dan memfotonya melalui kamera ponsel mereka.

Dalam captionnya, diketahui macan dahan benua atau dalam nama ilmiahnya Neofelis nebulosa adalah sejenis kucing berukuran sedang, dengan panjang tubuh mencapai 95 cm.

"Macan dahan adalah hewan nokturnal yang aktif berburu di malam hari. Hewan ini banyak menghabiskan waktunya di atas pohon dan dapat bergerak dengan lincah di antara pepohonan," tambahnya.

Baca Juga : Tetua Adat Ajak Warga Badui Mau Divaksin Covid-19

Menurut si akun, hilangnya habitat hutan, populasi yang terus menyusut dan penangkapan yang terus berlanjut untuk diambil bulunya, konsumsi, dan obat-obatan tradisional di beberapa negara.

"Macan dahan dikategorikan sebagai spesies yang rentan yang hampir punah," tutupnya.

Sumber: Okezone