Viral Toko Kue Buang Produknya yang Tak Laku, Ternyata Begini Alasannya

Okezone
 Okezone - Fri, 27 Oct 2023 01:07
 Dilihat: 116

GUNA memastikan agar produknya selalu fresh, maka toko-toko roti yang berada di mall ataupun tempat lainnya kerap membuat roti-roti tersebut setiap hari. Lalu, apakah roti-roti yang lama disajikan kembali? Jawabannya adalah tidak.

Nah, baru-baru ini beredar di media sosial terkait jawaban dari pertanyaan tersebut. Sebuah video menunjukkan bahwa pegawai toko roti membuang rotinya bila tidak habis. Hal itu dilakukan sebagai SOP perusahaan.

Tidak hanya sekedar dibuang saja, sisa roti dan kue itu juga disiram dengan karbol untuk memastikan produknya tidak bisa dimakan lagi. Pemilik akun TikTok @dosenpangan sempat bertanya alasan makanan sisa tersebut dijual kepada beberapa karyawan dari lima bakery yang cukup ternama di Jakarta.

"Pas saya tanya mereka jawabnya enggak tahu dan hanya mengikuti SOP atau Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang merupakan aturan dari perusahaan," ujarnya seperti dikutip dari akun tersebut.

Karena masih penasaran, akhirnya pemilik akun tersebut kembali bertanya kepada salah seorang temannya yang sempat bekerja di salah satu toko kue. Temannta yang bekerja sebagai manager itu menjelaskan alasannya.

"Rata-rata bakery di mal mengusung prinsip daily fresh yang artinya adalah produk yang dijual harus baru setiap harinya. Sehingga, produk yang tidak terjual setiap harinya dibuang. Hal ini juga untuk melindungi konsumen," tambahnya.

Kemudian dia kembali menanyakan alasan perusahaan toko roti itu memilih membuang produknya ketimbang memberikan kepada orang lain.

Sumber: Okezone